Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Pasar?

Apa Itu Pasar? Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pasar adalah tempat di mana dua pihak dapat berkumpul untuk memfasilitasi pertukaran barang dan jasa. Pihak-pihak yang terlibat biasanya adalah pembeli dan penjual. Pasar fisik seperti gerai ritel, di mana orang bertemu tatap muka, atau virtual seperti pasar online, di mana tidak ada kontak fisik langsung antara pembeli dan penjual.

Pasar adalah komposisi sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial, atau infrastruktur di mana pihak-pihak terlibat dalam pertukaran.

Baca Juga: Apa Itu Pangsa Pasar?

Konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk bertukar semua jenis barang, jasa, dan informasi. Pertukaran barang atau jasa, dengan atau tanpa uang, adalah sebuah transaksi.

Istilah pasar juga mengambil bentuk lain. Seperti merujuk pada sekuritas diperdagangkan yakni pasar sekuritas. Atau, pasar dapat digunakan untuk menggambarkan kumpulan orang yang ingin membeli produk atau layanan tertentu.

Secara teknis, pasar adalah tempat di mana dua pihak atau lebih dapat bertemu untuk melakukan transaksi ekonomi, sekalipun yang tidak melibatkan alat pembayaran yang sah. Transaksi pasar dapat melibatkan barang, jasa, informasi, mata uang, atau kombinasi dari semua yang berpindah dari satu pihak ke pihak lain.

Pasar dapat diwakili oleh lokasi fisik di mana transaksi dilakukan, termasuk toko ritel dan bisnis serupa lainnya yang menjual barang individual ke pasar grosir yang menjual barang ke distributor lain atau mereka mungkin virtual.

Toko berbasis internet dan situs lelang seperti Amazon dan eBay adalah contoh pasar di mana transaksi dapat dilakukan sepenuhnya secara online dan pihak-pihak yang terlibat tidak pernah terhubung secara fisik.

Pasar juga menjadi arena di mana pembeli dan penjual dapat berkumpul dan berinteraksi. Secara umum, hanya diperlukan dua pihak untuk melakukan perdagangan, minimal diperlukan pihak ketiga untuk memperkenalkan persaingan dan membawa keseimbangan ke pasar.

Dengan demikian, pasar dalam keadaan persaingan sempurna tentu dicirikan oleh tingginya jumlah pembeli dan penjual aktif.

Pasar juga menetapkan harga barang dan jasa lainnya. Tarif ini ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Penawaran diciptakan oleh penjual, sedangkan permintaan dihasilkan oleh pembeli. 

Pasar berupaya untuk menemukan keseimbangan harga ketika penawaran dan permintaan seimbang. Tetapi keseimbangan itu sendiri dapat terganggu oleh faktor-faktor selain harga termasuk pendapatan, ekspektasi, teknologi, biaya produksi, dan jumlah pembeli dan penjual di pasar.

Dalam ilmu ekonomi, pasar adalah mekanisme koordinasi yang menggunakan harga untuk menyampaikan informasi di antara entitas ekonomi.

Pasar juga dapat berdiri dalam persaingan tidak sempurna yaitu pasar monopoli, pasar monopolistik dan pasar oligopoli.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: