Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Samudera Indonesia dan PSA Singapore Bekerja Sama Mendorong Inovasi Logistik

Samudera Indonesia dan PSA Singapore Bekerja Sama Mendorong Inovasi Logistik Kredit Foto: Samudera Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Disrupsi pandemi Covid-19 memberikan tantangan baru di dunia logistik dan mengangkat rantai pasok global ke tingkat yang lebih tinggi. Menjawab tantangan tersebut, PT Samudera Indonesia Tangguh (Samudera Indonesia) dan PSA Corporation Ltd (PSA) sepakat untuk meningkatkan kerja sama antara kedua perusahaan dalam kolaborasi bersama mendorong lahirnya inovasi logistik.

Kesepakatan yang ditandatangani hari ini (4/8/2021) secara daring antara Jakarta dan Singapura menjadi dasar peningkatan kolaborasi antar kedua perusahaan.

Pengalaman, keahlian, dan jaringan Samudera Indonesia digabungkan dengan luasnya cakupan pasar global PSA dalam pelabuhan & logistik diyakini akan dapat menghasilkan inovasi & solusi peningkatan efisiensi dan terbentuknya rantai pasok yang tangguh dalam konektivitas kargo.

Baca Juga: IFC Suntik Dana Rp451 Miliar ke ASSA untuk Pengembangan Logistik

Kolaborasi ini mencakup pengembangan jalur perdagangan antara Indonesia, Asia Tenggara, dan dunia untuk menyediakan layanan multimoda, freight forwarding, pergudangan & trade financing.

Samudera Indonesia dan PSA juga akan mengembangkan inovasi rantai pasok untuk sektor cold chain & e-commerce. Dalam mengembangkan masa depan supply chain management, kedua mitra akan mengeksplorasi penggunaan platform digital, salah satunya CALISTA™, yang akan dapat menggabungkan layanan logistik, perizinan dan keuangan bagi para pelanggan. Hal ini diyakini akan meningkatkan kualitas konektivitas kargo, dan terciptanya ekosistem logistik yang lincah, efisien, dan transparan.

Regional CEO Southeast Asia PSA, Ong Kim Pong, mengatakanoptimis melihat ke masa depan bekerja sama dengan Samudera Indonesia, dalam upaya berinovasi dan meraih keunggulan dalam transportasi kargo dan rantai pasok.

"Kolaborasi ini merupakan usaha bersama untuk memperkuat konektivitas logistik yang tangguh dan memiliki daya tahan dalam menjawab tantangan masa depan. PSA senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kapabilitas dan mendorong koordinasi rantai pasok, memperkuat reputasi Singapura sebagai hub logistik dan pengelolaan rantai pasok yang efisien.” 

Direktur Utama Samudera Indonesia, Bani M. Mulia, menambahkan Indonesia sebagai perekonomian terbesar di Asia Tenggara memiliki potensi pertumbuhan luar biasa ketika berhasil mengurai penyumbatan kelancaran infrastruktur logistiknya.

"PSA kaya akan pengalaman dalam peningkatan efisiensi logistik, seraya terus menerus meningkatkan daya saing Singapura sebagai hub Asia Tenggara. Selain kerja sama layanan pelayaran ke pelabuhan Singapura yang sudah terjalin selama ini, kami bersemangat menyambut kolaborasi lebih jauh dengan PSA untuk mengeksplorasi peluang investasi logistik & inovasi digital.”

Baca Juga: Lihat Anies Pakai Private Jet, Ferdinand Hutahean: Dia Salah Satu Oligarki Migas?

Editor: Alfi Dinilhaq

Advertisement

Bagikan Artikel: