Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Berusia Lebih Seabad, BBVA Kokoh Sebagai Perbankan Global Berkat Merger

Kisah Perusahaan Raksasa: Berusia Lebih Seabad, BBVA Kokoh Sebagai Perbankan Global Berkat Merger Banco Bilbao Vizcaya Argentaria SA. | Kredit Foto: BBVA
Warta Ekonomi, Jakarta -

Banco Bilbao Vizcaya Argentaria SA atau biasa disingkat BBVA adalah salah satu perusahaan terkaya berdasar pendapatannya menurut Fortune Global 500. Di tahun 2020, perusahaan ini menempati peringkat ke-254 dunia, dengan total pendapatan sebesar 46,89 miliar dolar AS.

BBVA, dalam catatan Fortune, menampilkan kondisi finansial yang tidak begitu baik. Pendapatannya tahun itu turun 1,5 persen dari 47,60 miliar dolar di tahun sebelumnya. Yang terparah, laba perusahaan merosot 37,4 persen dari 6,28 miliar dolar tahun 2019, menjadi 3,93 miliar dolar tahun ini.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: BUMN China Everbright Jadi Konglomerat dengan Pertumbuhan Apik

Sebagai sebuah bank, BBVA mencatat aset bersih tahun 2020 sebesar 784,20 miliar dolar, dari sebelumnya 773,45 miliar dolar. Sementara untuk total ekuitasnya, perusahaan perbankan dan jasa keuangan asal Spanyol ini membukukan total 54,68 miliar dolar.

BBVA adalah satu dari sekian perusahaan perbankan dan jasa keuangan tertua yang masuk dalam daftar tersebut. Ia didirikan pada 1857 di Bilbao, Spanyol setelah undang-undang yang memungkinkan bank dan lembaga barang bekas disahkan tahun 1856. Berikut artikel perusahaan raksasa oleh Warta Ekonomi, pada Jumat (3/8/2021) seperti di bawah ini.

Organisasi yang pertama kali dibentuk adalah The Trade Association of Bilbao (Asosiasi Perdagangan Bilbao) oleh sekelompok pengusaha di daerah Basque. Ia segera dikenal sebagai Banco de Bilbao. Bank ini menerbitkan uang kertas dan pinjaman bisnis sampai 1878, ketika Bank of Spain (Bank Spanyol) ditunjuk sebagai satu-satunya penerbit uang kertas untuk negara tersebut.

Badai keuangan menghantam Spanyol pada paruh terakhir abad ke-19. Kepanikan tahun 1896 pun melanda negara itu, sehingga menyebabkan banyak sistem perbankan Spanyol gagal.

Menanggapi hal ini, Banco de Bilbao dibangun di atas posisinya yang kuat dengan strategi ekspansi dua bagian, yakni domestik dan internasional. Bank memulai ekspansi internasionalnya dengan mendirikan cabang Paris pada tahun 1902, menjadi bank Spanyol pertama yang memiliki kehadiran asing. Di dalam negeri, Banco de Bilbao bergabung dengan Banco de Comercio untuk memperluas kegiatan pembiayaan industrinya.

Sementara itu di sisi lain, Banco de Vizcaya didirikan tahun 1901 untuk melayani para pedagang Bilbao. Bank kemudian memberikan pinjaman komersial dan mengambil simpanan bisnis. Dari awal ini, bank berkembang di seluruh negara Basque dan kemudian ke seluruh Spanyol.

Banco de Vizcaya memulai ekspansinya dengan menyerap Banco Vascongado pada tahun 1903 dan Banca Jacquet e Hijos pada tahun 1915. Pada tahun 1918, mendapat kehadiran nasional ketika menyerap Banca Luis Roy Sobrino di Madrid dan menjadikannya cabang pertama Banco de Vizcaya di ibu kota.

Pada 1920-an, kebijakan ekspansi telah menghasilkan cabang baru di San Sebastian, Barcelona, dan Valencia. Akhir dekade melihat jaringan yang kuat dari cabang Banco de Vizcaya di seluruh Spanyol dan awal kehadirannya di Prancis, dengan investasinya di Banque Française et Espagnol en Paris.

Meskipun kedua bank itu berbisnis di tengah ketidakpastian akibat masalah eknomi negara, mereka tetap maju. Itu karena pemerintah Spanyol di bawah Francisco Franco mengeluarkan aturan baru yang ketat tentang perbankan. Mereka menerapkan kebijakan mematuhi status quo perbankan per 17 Mei 1940. 

Untuk memenuhi bentuk baru intervensi pemerintah ini, Banco de Bilbao melakukan ekspansi ke bagian lain Spanyol melalui akuisisi --antara 1941 dan 1943, mengakuisisi 16 bank-- menata ulang struktur internalnya untuk beroperasi secara efektif di tingkat nasional, dan memperluas kehadiran internasionalnya.

Bank memberikan kantor London dan Paris peran yang lebih besar dalam operasi perusahaan, dan pada tahun 1945 mendirikan cabang khusus untuk membentuk kontak untuk usaha koperasi di Amerika Serikat dan Amerika Selatan.

Sementara bank terus menekankan pengembangan industri, yang lebih penting setelah Perang Dunia II daripada sebelumnya, bank juga mengembangkan kegiatan komersial dan menyediakan layanan keuangan pribadi.

Lebih lanjut, masuknya Spanyol ke dalam Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) pada tahun 1986, dengan janji integrasi penuh ke dalam ekonomi Eropa pada tahun 1993, dan lebih sedikit pembatasan persaingan di seluruh pasar Eropa, mendorong Banco de Bilbao untuk mencari peluang untuk tumbuh lebih besar lagi.

Terlepas dari tren jangka panjang menuju agregasi jasa keuangan, Spanyol masih memiliki lebih banyak bank per kapita daripada negara-negara Eropa lainnya, dan analis menyarankan bahwa sistem perbankan Spanyol akan lebih kompetitif jika memiliki lebih sedikit bank yang lebih kuat.

Sementara itu, kedua bank tersebut sebetulnya bersaing. Namun langkah maju pun akhirnya diambil kedua perbankan besar Spanyol itu. Untuk tetap kompetitif dengan menjadi lebih besar, Banco de Bilbao mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun 1987 ketika membuat tawaran pengambilalihan yang tidak bersahabat untuk saingannya, Banco Español de Credito, yang dikenal sebagai Banesto.

Banesto menduduki peringkat sebagai bank nomor dua Spanyol sementara Banco de Bilbao peringkat nomor tiga, tetapi tradisi perseteruan di antara keluarga di dewan Banesto menjadikannya target pengambilalihan.

Banco de Bilbao harus membatalkan tawarannya ketika tiga dari empat bursa saham Spanyol yang harus menyetujui tindakan tersebut mengumumkan bahwa mereka tidak akan mengizinkan pengambilalihan - hanya Bursa Bilbao yang mendukung tawaran Banco de Bilbao.

Meskipun tawarannya untuk Banesto gagal, Banco de Bilbao masih ingin tumbuh untuk memenuhi realitas ekonomi baru. Pada 27 Januari 1988, Banco de Bilbao bergabung dengan saingan lokalnya, Banco de Vizcaya. Kedua bank dianggap sebagai organisasi yang dikelola dengan baik di pasar yang sama. Itu adalah "keprihatinan oleh kedua bank untuk efisiensi dan kapasitas untuk menghasilkan pendapatan, yang memungkinkan untuk dengan mudah mengatasi penolakan kehilangan individualitas seseorang," kata Asiain tentang merger tersebut, mengutip Reference For Business.

Dalam pidato tentang merger, ketua Banco de Vizcaya, Pedro Toledo Ugarte, menyinggung kecenderungan historis pengusaha di Bilbao untuk bersatu membentuk perusahaan yang lebih besar untuk menghadapi perubahan yang tidak dapat mereka hadapi dengan sumber daya mereka sendiri. Dia melihat masuknya Spanyol ke MEE sebagai salah satu tantangannya. "Mengingat pentingnya sektor keuangan, setiap negara menginginkan beberapa lembaga yang bersaing di seluruh dunia dibuat dan dikelola oleh rakyatnya sendiri," katanya. "Kita semua tahu bahwa ini membutuhkan manajemen, teknologi, dan, tanpa ragu, ukuran minimum."

Satu bank lagi yang berperan dalam terbentuknya BBVA adalah Argentaria Caja. Tahun 1999, perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan bergabung dengan Argentaria Caja Postal y Banco Hipotecario SA, yang dibentuk pada tahun 1991 untuk fokus pada perbankan korporasi.

Perusahaan baru yang diberi nama Banco Bilbao Vizcaya Argentaria SA (BBVA), beroperasi sebagai lembaga keuangan terbesar kedua di Spanyol dan Amerika Latin. Ukurannya memberinya sarana yang cukup besar untuk berkembang lebih jauh di Amerika Latin dan juga meletakkan dasar bagi rencana manajemen untuk memperluas jangkauannya ke negara lain, termasuk Prancis, Italia, dan Portugal.

Setelah beberapa tahun didedikasikan untuk pertumbuhan eksternal, BBVA memanfaatkan restrukturisasi sistem keuangan di Spanyol untuk tumbuh terutama di Catalonia, salah satu wilayah di mana ia memiliki pangsa pasar terendah. Untuk tujuan ini, ia mengakuisisi antara 2012 dan 2014 dua kelompok keuangan yang dinasionalisasi oleh Pemerintah Spanyol (Unnim Banc dan Catalunya Banc), yang mengelompokkan 6 bank tabungan Catalan.

Perusahaan memulai inisiatif untuk mengubah bank secara digital sejak 2017. Setelah implementasi, terlihat peningkatan 19 persen tahun-ke-tahun dalam pelanggan baru. Pada 2015, jumlah total klien ini mencapai 14,8 juta.

Dua tahun kemudian, BBVA memutuskan untuk menyatukan mereknya di seluruh dunia dan memperkenalkan logo baru. Ini berarti hilangnya nama-nama lokal di Argentina (Francés), Meksiko (Bancomer), Peru (Continental), dan Amerika Serikat (Compass). Garanti Bank, waralaba Grup di Turki, berganti nama menjadi Garanti BBVA.

Yang terbaru, BBVA mengatakan sedang mencari rencana untuk menurunkan biaya, kemudian pada Februari 2021, dilaporkan bahwa BBVA berencana untuk memotong sekitar 3000 pekerjaan di Spanyol setelah jatuh 48% dari laba bersihnya pada kuartal keempat tahun 2020.

Perkembangannya dengan lebih dari 150 tahun, jelas mampu mengangkat BBVA sebagai salah satu perbankan kelas atas. Secara khusus di Spanyol dan umumnya di dunia internasional, BBVA sangat mampu bersaing dan mendapatkan tempat di warga dunia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: