Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Masa PPKM Peralatan Dapur dan Rumah Tangga Naik 94 Persen

Masa PPKM Peralatan Dapur dan Rumah Tangga Naik 94 Persen Kredit Foto:
Warta Ekonomi, Jakarta -

Telah lebih dari setahun setelah kebanyakan masyarakat di Indonesia menjalankan gaya hidup serba terbatas melalui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 2020, yang tahun ini telah diperbarui menjadi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan berbagai tingkatan.

Perubahan paling signifikan yang dialami adalah mengisolasi diri dan melakukan semua kegiatan dari rumah saja.

Termasuk bekerja dari rumah (work from home), belajar dari rumah (school from home), konsultasi kesehatan jarak jauh (telemedicine), dan tentu saja berbelanja daring dari rumah (online shopping) baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis.

April lalu, Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan bahwa terjadi peningkatan belanja daring sebesar 26 persen, atau 3,1 juta perbelanjaan sepanjang masa pandemi.

Hal ini disebut karena kian banyak masyarakat yang mengandalkan platform digital untuk memenuhi kebutuhan mereka, membentuk pola baru, dan menjadi terbiasa.

Dari data Bhinneka.Com yang membandingkan transaksi sepanjang periode PSBB (Maret 2020-Desember 2020) dan PPKM (Januari 2021-sekarang), terdapat sejumlah indikator yang bisa mengindikasikan keterbiasaan warga dalam berbelanja daring. Utamanya adalah peningkatan transaksi untuk kategori produk tertentu.

Secara umum, kategori Produk IT (gadget, dan computer, desktop, notebook), serta Maintenance, Repairs, Operations (MRO) yang termasuk pula perlengkapan kesehatan selama pandemi (masker medis, cairan disinfektan, paket tes usap, dan sebagainya) tetap mendominasi transaksi di Bhinneka.Com dalam rentang waktu tersebut.

Halaman:

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel:

Video Pilihan