Campus Marketplace Bhinneka Rambah Jawa Timur

Campus Marketplace Bhinneka Rambah Jawa Timur Kredit Foto: Bhineka.Com

Bhinneka makin gencar gandeng civitas academica lewat _mini Campus Marketplace dalam mencetak UMKM dan produk lokal yang #JadiJuara.

Setelah pertama kali diluncurkan pada pertengahan 2021, dan kini diadopsi lima perguruan tinggi seluruh Indonesia, Campus Marketplace dari Bhinneka resmi merambah Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim).

Bekerja sama dengan Fakultas Hukum, Bisnis, dan Ilmu Sosial (FHBIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), mulai hari ini lokapasar dari dan bagi seluruh civitas academica UMSIDA resmi mengudara.

Terkait dengan perhatian dan dukungan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tanah Air yang terus meningkat, termasuk kepada mereka yang berada di lingkungan perguruan tinggi.

Dewasa ini, kian banyak mahasiswa maupun warga kampus yang telah memulai bisnisnya secara daring di berbagai platform lokapasar atau Marketplace untuk melayani masyarakat umum.

Seperti yang diungkapkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa,  bahwa sektor UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian di daerah.

Melaporkan pertumbuhan ekonomi triwulan II 2021, Khofifah menyampaikan pertumbuhan ekonomi di Jatim mencapai 7,05%, dengan 59,78%-nya ditopang oleh pengeluaran atau konsumsi rumah tangga, artinya UMKM di Jatim memiliki ruang yang luar biasa untuk tumbuh, dikembangkan, dan diperluas pasarnya.

Hal ini menunjukkan pentingnya sinergi antara pelaku industri seperti Bhinneka dengan pihak lembaga pendidikan, dalam kerangka transformasi digital melalui adopsi program Campus Marketplace Bhinneka.

Inisiatif ini  tidak hanya memfasilitasi UMKM mahasiswa untuk terus berkembang, melainkan juga memfasilitasi pihak kampus untuk memiliki platform lokapasarnya sendiri baik untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan, serta menjadi wadah pelatihan kewirausahaan bagi lebih banyak mahasiswa.

“Campus Marketplace yang bisa diakses melalui efhbis.bhinneka.com ini, merupakan lokapasar kampus pertama yang merambah Jatim, setelah sebelumnya hadir di Jakarta, Cikarang, Bandung, dan Yogyakarta. Yang kami yakini bisa berkontribusi untuk melahirkan para pelaku UMKM muda berkualitas dari sisi timur Indonesia. Terlebih di platform ini, mereka juga sambil belajar mempraktikkan ilmu dari bangku perkuliahan,” ucap Head of Business Bhinneka, Dennis Kumara, dalam siaran media (7/12/2021).

Memiliki spesifikasi yang khusus, lokapasar ini secara eksklusif memfasilitasi mahasiswa, dosen, staf, alumni, anggota keluarga, hingga masyarakat sekitar untuk menjadi UMKM penjual (Merchant), maupun sebagai pembeli.

Tidak hanya itu, pihak kampus juga bisa memanfaatkan produk yang tersedia di efhbis.bhinneka.com untuk belanja pengadaan, sehingga dapat berdampak langsung bagi kesejahteraan dan kemaslahatan warga kampus sendiri.

"Kerja sama dengan Bhinneka ini merupakan kolaborasi positif dalam meningkatkan  pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) baik dari mahasiswa, dosen, maupun masyarakat umum bisa memanfaatkannya. Di mana FBHIS merupakan fakultas dengan mahasiswa terbanyak di UMSIDA, dan kali ini FBHIS membuat suatu terobosan baru terkait pengembangan softskill mahasiswa melalui pemberdayaan di Marketplace,” ucap Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UMSIDA, Eko Hardiansyah, M.Si., Psikolog dalam acara peresmian.

Tidak hanya menjadi pelaku UMKM yang melayani kebutuhan internal civitas academica UMSIDA, para mahasiswa dan semua Merchant di efhbis.bhinneka.com juga berpeluang mengakses pasar yang lebih luas di platform Bhinneka.com, baik kepada klien korporasi bahkan hingga instansi pemerintah melalui BeLa Pengadaan (bela.bhinneka.com).

Sebab dari Campus Marketplace di kampus sebelumnya, sudah ada beberapa UMKM mahasiswa yang produknya tersedia di BeLa Pengadaan aplikasi yang dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) melalui kerja sama dengan e-commerce (Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik). UMKM mahasiswa UMSIDA pun memiliki keunggulan khusus, lantaran menjadi Merchant di Campus Marketplace pertama untuk kawasan kota Sidoarjo, maupun Jatim secara umum.

Adapun dalam rangkaian peluncuran efhbis.bhinneka.com yang turut dihadiri oleh Head of Corporate Sales GEOX dan Kepala Kantor Perwakilan Bhinneka untuk Indonesia Timur, Hong Ik Cing, juga diisi dengan seminar virtual menghadirkan Henry selaku Owner Imago Raw Honey, yang merupakan salah satu Merchant di Bhinneka, maupun efhbis.bhinneka.com lokapasar dari dan bagi seluruh civitas academica dengan produk unggulan madu dan berbagai olahannya. Dalam seminar ini, Henry membagikan kisah sukses merintis bisnis, dan kiat untuk mengembangkan usaha di tengah masa pandemi.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini