Kini di Ambang Kebangkrutan, Ternyata Bos Evergrande Lahir Miskin dan Melarat

Kini di Ambang Kebangkrutan, Ternyata Bos Evergrande Lahir Miskin dan Melarat Kredit Foto: Twitter/QuickTake

Pendiri Evergrande Group, Xu Jiayin atau Hui Ka Yan pernah merasakan kesuksesan yang mentereng. Perusahaan raksasa properti yang ia dirikan pernah membuatnya menjadi orang terkaya di China pada tahun 2017. Bahkan saat itu, Hui berhasil mendepak pendiri Alibaba, Jack Ma.

Sayangnya saat ini Hui berada di ambang kebangkrutan. Evergrande berutang pada 128 bank dengan total utang lebih dari USD300 miliar (R4.275 triliun). Total utang itu pun terbesar dalam sejarah.

Ditambah lagi, Evergrande mengalami krisis likuiditas dan utang kepada karyawan, serta pembeli rumah yang sudah melakukan uang muka. Kekhawatiran kebangkrutan Evergrande ini pun membuat investor seluruh dunia gelisah.

Baca Juga: Pendiri Evergrande, Hui Ka Yan Bakal Tetap Jadi Miliuner Meski Perusahaannya Bangkrut karena Utang

Lantas, bagaimana perjalanan hidup Hui Ka Yan selaku pendiri perusahaan?

ternyata, Hui lahir di tengah kemiskinan. Ia lahir di desa kecil daerah Henan pada tahun 1958. Setelah beberapa bulan dilahirkan, Hui kehilangan ibunya. Setelah itu, ia diasuh oleh nenek dari pihak ayahnya yang merupakan veteran perang dan harus bekerja di sebuah gudang.

Kehidupan masa kecilnya sangat memprihatikan. Saat itu China mengalami bencana ekonomi dan kelaparan. Hui sendiri sering kelaparan sejak kecil. Ia hanya makan ubi jalar dan roti kukus. Hidupnya pun serba kekurangan sehingga ia tak pernah membeli pakaian baru. Pakaiannya pun penuh dengan tambalan.

"Benar-benar ditambal di semua tempat dan yang saya makan hanya ubi jalar dan roti kukus. Saya ingin meninggalkan desa secepatnya, mencari pekerjaan di kota dan bisa makan lebih baik," kenang Hui sebagaimana dikutip dari Morning Express di Jakarta, Senin (27/9/21). 

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini