Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Muncul Berkat Petani, Nationwide Insurance Kini Salah Satu Terbesar di AS

Kisah Perusahaan Raksasa: Muncul Berkat Petani, Nationwide Insurance Kini Salah Satu Terbesar di AS Nationwide Mutual Insurance Company. | Kredit Foto: Nationwide
Warta Ekonomi, Jakarta -

Nationwide Mutual Insurance Company adalah perusahaan asuransi dan jasa keuangan papan atas Amerika Serikat yang menjadi salah satu perusahaan raksasa berdasar total pendapatannya. Menurut Fortune Global 500, ia berada di peringkat ke-272 dengan total pendapatan (revenue) sebesar 43,98 miliar dolar AS tahun 2020. 

Nationwide merupakan satu dari sekian banyak perusahaan asuransi besar di AS yang mencatatkan kinerja apik tahun 2020. Itu karena, elemen kunci dalam kekuatan finansialnya mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, seperti laba yang dihasilkan perusahaan meroket 61,9 persen sehingga totalnya di tahun 2020 sebesar 829,7 juta dolar. Sementara aset perusahaan pun tercatat sekitar 239,53 miliar dolar tahun itu.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Talanx, Konglomerat Jasa Keuangan Jerman dengan Gurita Bisnisnya

Jika ditarik ke belakang, Nationwide lahir pada awal abad ke-20 ketika Biro Pertanian AS mendapati kecelakaan dan klaim khusus untuk para petani yang mengemudikan kendaraan roda empat. Secara khusus di Ohio, Biro Pertanian di negara bagian itu memutuskan untuk mendirikan perusahaan asuransi mereka sendiri untuk menawarkan tarif yang secara akurat mencerminkan kebiasaan mengemudi para petani.

Kisah Nationwide akan dituliskan secara ringkas oleh Warta Ekonomi pada Kamis (30/9/2021) dalam artikel perusahaan raksasa sebagai berikut.

Menyambung sebelumnya, pada 10 April 1926, Farm Bureau Mutual Automobile Insurance Company memperoleh lisensi untuk melakukan bisnis di Ohio. Ia memperoleh pembiayaan pinjaman 10.000 dolar AS dua hari setelahnya, dengan dana yang diambil dari iuran keanggotaan Biro Pertanian Ohio. 

Saat itu, undang-undang Ohio mewajibkan 100 orang untuk berjanji menjadi pemegang polis. Agen pertama berhasil merekrut sepuluh kali lipat jumlah itu, dan pada 14 April 1926, Reksa Biro Pertanian memulai bisnis dengan lebih dari 1.000 pemegang polis. Produk pertama perusahaan baru, seperti tersirat dari namanya, adalah asuransi mobil. Perusahaan menulis kebijakan hanya untuk petani Ohio yang menjadi anggota Biro Pertanian Ohio.

Selanjutnya, pada 1928, perusahaan diperluas ke West Virginia, diikuti oleh Maryland, Delaware, Vermont, dan North Carolina. Reksa Biro Pertanian mulai menanggung penduduk kota-kota kecil pada tahun 1931 dan penduduk di kota-kota besar pada tahun 1934. Juga, pada tahun 1934, Reksa Biro Pertanian mulai menawarkan asuransi kebakaran. Produk ini tumbuh pada tahun berikutnya dengan pembelian perusahaan asuransi kebakaran yang sedang berjuang.

Pada tahun 1935, Biro Pertanian mengakuisisi Life Insurance Company of America dari perusahaan asuransi persaudaraan yang bangkrut, American Insurance Union. Perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi Farm Bureau Life Insurance Company (Perusahaan Asuransi Jiwa Biro Pertanian) pada tahun 1938. 

Dengan pertumbuhan, muncul kebutuhan untuk perluasan ruang kantor. Pada tahun 1936, perusahaan pindah ke Gedung 246 yang terkenal di 246 N. High Street di Columbus.

Pada tahun 1943, Biro Pertanian Reksa beroperasi di 12 negara bagian dan Distrik Columbia. Bahkan dengan tiga kali lipat ruang di Gedung 246 (yang akhirnya didedikasikan pada hari jadi perusahaan yang ke-25), Reksa Biro Pertanian masih memiliki ruang kantor yang tidak mencukupi, dan mulai membuka kantor regional pada tahun 1951.

Pada tahun 1955, Farm Bureau Mutual berubah nama menjadi Nationwide Insurance, nama yang umum dikenal saat ini. Dalam 10 tahun berikutnya, Nationwide diperluas ke Oregon, membuat perusahaan benar-benar "nasional". Itu juga diperluas ke 19 negara bagian lain, sehingga total pada tahun 1965 menjadi 32 negara bagian dan Distrik Columbia.

Secara nasional melampaui Gedung 246 pada tahun 1970-an, dan pekerjaan dimulai di gedung pencakar langit baru untuk kantor pusat perusahaan. Pada tahun 1978, One Nationwide Plaza selesai dibangun di sudut barat daya N. High Street dan Nationwide Blvd. di tepi utara pusat kota Columbus, Ohio.

Sejak 1988, Nationwide telah menambahkan yang berikut ke kehadirannya di Pusat Kota Columbus: Plaza Dua (di sudut timur laut High Street dan Chestnut), Plaza Tiga (tepat di sebelah barat High Street dan Chestnut), Plaza Four (Front Street), 275 Marconi (di belakang Plaza Satu dan Tiga di Marconi Blvd), dan 10 West Nationwide, yang bersama-sama dengan Plaza One membentuk kompleks pusat kota utama. Selain pusat kota Columbus, Nationwide juga memiliki kehadiran yang signifikan di Columbus, pinggiran metropolitan Ohio Dublin, Grandview Heights, dan Grove City.

Pada tahun 1997, kota Columbus telah berkembang menjadi kota terbesar ke-15 di Amerika Serikat. Namun, Columbus saat ini adalah kota Amerika terbesar tanpa waralaba olahraga profesional yang bersaing di liga teratas di Amerika Serikat (yaitu, Major League Baseball, National Football League, National Basketball Association, atau National Hockey League).

Setelah rencana untuk memindahkan Hartford Whalers ke Columbus gagal ketika pemilih menolak retribusi pajak, Nationwide Mutual Insurance Company mengumumkan bahwa mereka akan membangun arena yang berdekatan dengan One Nationwide Plaza dalam upaya membawa waralaba NHL ke Columbus. Upaya kedua ini berhasil, dan Columbus Blue Jackets mulai bermain di Nationwide Arena pada akhir tahun 2000. Nationwide Arena, dinamai untuk perusahaan, adalah pusat dari Distrik Arena, area tempat hiburan, restoran, dan hotel yang menghubungkan pusat kota Columbus dengan Lingkungan Pendek Utara.

Nationwide Realty Investors adalah cabang pengembangan real estat perusahaan, dan terlibat dalam penyediaan tanah untuk stadion baru di Columbus.

Sementara tahun 2003, Nationwide mendapatkan hak penamaan dari apa yang saat itu disebut Buy.com Tour, tur golf profesional pria tertinggi kedua di Amerika Serikat. Tur ini dikenal dengan nama ini hingga 2012, ketika Nationwide melepaskan hak penamaan.

Lebih lanjut, sejak tahun 2004, Nationwide terus menerima peringkat 100% setiap tahun pada Indeks Kesetaraan Perusahaan, yang dirilis oleh kelompok aktivis hak-hak gay Kampanye Hak Asasi Manusia. Secara nasional memasukkan "orientasi seksual" dan "identitas gender" dalam kebijakan kesempatan kerja yang setara, dan memberikan pelatihan keragaman kepada karyawannya tentang orientasi seksual.

Pada tahun 2008, Nationwide mengadakan kemitraan eksklusif dengan Tavis Smiley, termasuk mensponsori program televisi PBS Smiley sebagai penyedia produk asuransi properti dan kecelakaan. Sponsor program televisi berakhir pada tahun 2011, tetapi kemitraan berlanjut untuk acara dan inisiatif lainnya.

Secara nasional juga merupakan sponsor nasional dari acara State of the Black Union 2009

Dipekerjakan secara nasional, Vernon Blatz, salah satu programmer komputer tunanetra pertama di negara itu pada tahun 1964. Dia menghadiri uji coba University of Cincinnati Medical Center dari program pelatihan pertama bangsa untuk mendidik orang buta untuk karir yang melibatkan komputer.

Hingga akhirnya Selama 90 tahun terakhir, Nationwide telah berkembang dari perusahaan asuransi mobil kecil bersama yang dimiliki oleh pemegang polis menjadi salah satu perusahaan asuransi dan jasa keuangan terbesar di dunia.

Pertumbuhan awal datang dari bekerja sama dengan Biro Pertanian yang mensponsori perusahaan. Sembilan Biro Pertanian terus mempromosikan Nationwide.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: