Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kelapa Sawit Berpotensi Capai Swasembada Gula Dalam Negeri

Kelapa Sawit Berpotensi Capai Swasembada Gula Dalam Negeri Kredit Foto: Antara/Aswaddy Hamid
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tidak hanya menghasilkan minyak, kelapa sawit ternyata juga dapat diolah sebagai bahan baku pembuatan gula.

Hal ini diungkapkan Rektor IPB University, Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si, saat membuka Webinar bertema Palm Oil in Food: Health Issue and Market Trend yang diselenggarakan SEAFAST Center IPB, Selasa (26 Oktober 2021).

Baca Juga: Lagi, Ampas Sawit dari Sumatera Utara Melalang ke Pasar Global

"Saya bilang ke Presiden (Jokowi) tidak perlu cemas swasembada gula. Tak perlu lagi membuka kebun tebu dalam skala luas. Kita dapat hasilkan gula dari sawit. Kualitasnya juga bagus," kata Arif Satria.

Arif Satria menjelaskan bahwa IPB telah bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk mengembangkan teknologi pengolahan kelapa sawit menjadi gula. Saat ini, sudah ada pilot project yang dibuat di kawasan Sei Mangkei, Sumatera Utara.

"Kami telah mengembangkan bioteknologi bersama sejumlah pihak di bidang pangan. Sudah ada teknologi mengembangkan gula dari sawit. Kalau orang bicara gula dari tebu, itu masuk teknologi generasi pertama," ujar Arif.

Ke depan, Arif berharap dapat menjalin kerja sama dengan Gapki untuk pengolahan sawit menjadi gula.

Menurut Arif, kelapa sawit mempunyai banyak produk turunan kelapa sawit. IPB telah menghasilkan berbagai macam riset seputar kosmetik dan energi. Dari limbah sawit telah dihasilkan pula rompi anti peluru, helm, dan pakaian.

"Terbaru, sedang dikembangkan jaket dari limbah sawit yang kualitasnya juga bagus," pungkasnya.

Berdasarkan data Asosiasi Gula Indonesia, kebutuhan gula konsumsi nasional tahun ini sebesar 3,16 juta ton. Sementara itu, Ditjen Industri Agro Kemenperin RI menyebutkan, kebutuhan gula nasional mencapai 6 juta ton per tahun, yang terdiri dari 2,7-2,9 juta ton gula konsumsi, dan 3–3,2 juta ton untuk gula kebutuhan industri.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: