Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

CIMB Niaga Laporkan Laba Bersih Konsolidasi Tumbuh 69% Y-o-Y Menjadi Rp3,2 Triliun

CIMB Niaga Laporkan Laba Bersih Konsolidasi Tumbuh 69% Y-o-Y Menjadi Rp3,2 Triliun Kredit Foto: CIMB Niaga
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga atau “Bank”; IDX: BNGA), hari ini melaporkan perolehan laba bersih konsolidasi (unaudited) sebesar Rp3,2 triliun pada sembilan bulan pertama 2021 (“9M21”), naik sebesar 69% (atau 74% tidak termasuk Exceptional Items) year-on-year (“Y-o-Y”), dan menghasilkan earnings per share Rp126,38.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengatakan pertumbuhan positif pada kinerja keuangan CIMB Niaga di sembilan bulan pertama tahun 2021. Laba bersih meningkat sebesar 69% Y-o-Y menjadi Rp3,2 triliun.

Baca Juga: CIMB Niaga: Digitalisasi, Kunci Pertumbuhan Bisnis Bank Masa Depan

"Pencapaian ini menghasilkan kinerja yang berada di atas level sebelum COVID-19, didukung oleh pendapatan operasional dan pengendalian biaya yang dikelola dengan baik. Sehingga, kami dapat mempertahankan double-digit ROE sebesar 10,8% (ROE tidak termasuk Exceptional Items sebesar 11,2%). Pada aspek neraca keuangan, kami berhasil meningkatkan penghimpunan dana pihak ketiga (“DPK”) sebesar 7,6% Y-o-Y dengan rasio CASA sebesar 61,7%.

Meskipun tren indikator COVID-19 yang membaik, kami tetap optimistis dengan berhati-hati terhadap kinerja di masa mendatang. Ke depan, kami terus mengembangkan bisnis bank melalui implementasi strategi lima pilar yang solid. Kami senantiasa menyediakan solusi perbankan terbaik untuk nasabah, yang didukung oleh transformasi digital dan data analytics.”  

Capital Adequacy Ratio (“CAR”) dan Loan to Deposit Ratio (“LDR”) CIMB Niaga tercatat baik masing-masing sebesar 22,6% dan 76,7% per 30 September 2021.

Dengan total aset mencapai Rp295,4 triliun per 30 September 2021, CIMB Niaga mempertahankan posisinya sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset.

Total penghimpunan DPK tercatat sebesar Rp228,0 triliun dengan rasio CASA sebesar 61,7%. Adapun Giro dan Tabungan mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 8,5% Y-o-Y dan 11,7% Y-o-Y, sejalan dengan komitmen Bank untuk mengembangkan layanan digital dan meningkatkan customer experience.

“Sebagai salah satu pelopor layanan keuangan digital terlengkap di Indonesia, Super App OCTO Mobile terus menyediakan solusi finansial yang relevan untuk meningkatkan kenyamanan nasabah dalam memenuhi beragam kebutuhan perbankan. Per 30 September 2021, transaksi finansial digital melalui OCTO Mobile meningkat sebesar 94,6% Y-o-Y. Kami akan terus meluncurkan fitur-fitur baru untuk memenuhi kebutuhan seluruh segmen nasabah,” kata Tigor.

Jumlah kredit yang disalurkan sebesar Rp177,0 triliun, yang utamanya dikontribusikan oleh bisnis Consumer Banking yang tumbuh 5,7% Y-o-Y. Kredit Pemilikan Rumah (“KPR”) tumbuh 8,1% Y-o-Y, sementara Kredit Pemilikan Mobil (“KPM”) meningkat sebesar 13,4% Y-o-Y.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh nasabah dan stakeholders atas kepercayaannya terhadap CIMB Niaga, sehingga kami dapat terus tumbuh berkelanjutan selama 66 tahun. Kami akan secara konsisten melayani para stakeholders dengan kemampuan terbaik, berlandaskan nilai-nilai integritas dan profesionalisme untuk mewujudkan aspirasi menjadi bank pilihan bagi bisnis dan masyarakat Indonesia,” tambah Tigor.

Di segmen perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (“UUS”) CIMB Niaga (“CIMB Niaga Syariah”) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan mencapai Rp35,4 triliun (+8,6% Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp36,7 triliun (+4,6% Y-o-Y) per 30 September 2021.

Jaringan

CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Per 30 September 2021, 96% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan digital banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, BizChannel@CIMB, Automated Teller Machines (“ATM”), dan Rekening Ponsel.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya, CIMB Niaga terus berupaya untuk meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 424 jaringan kantor (termasuk 33 Mobile Branch dan 37 Digital Lounge). Per 30 September 2021, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 3.624 ATM, 246.924 Electronic Data Capture (“EDC & QR”), dan 888 Cash Deposit dan Recycle Machines.

Bangun Optimisme Pemulihan Ekonomi 2022 melalui Forum Indonesia Bangkit Vol.3

Bertepatan dengan Ulang Tahunnya yang ke-66, CIMB Niaga menyelenggarakan seri ketiga dari Forum Indonesia Bangkit dengan mengusung tema “Optimisme Pemulihan Ekonomi 2022”. Forum ini bertujuan untuk mengulas strategi pertumbuhan ekonomi dan bisnis, membangkitkan optimisme, dan meningkatkan daya beli masyarakat menuju Indonesia berdaya 2022.

Acara menghadirkan narasumber utama seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto; Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati; Menteri Investasi Bahlil Lahadalia; dan sejumlah narasumber lainnya yang mewakili sektor usaha. Forum ini merupakan bagian dari dukungan keberlanjutan CIMB Niaga terhadap upaya pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia.

Penghargaan

Pada sembilan bulan pertama yang berakhir 30 September 2021, CIMB Niaga menerima sejumlah penghargaan termasuk:

1. The 12th IICD Corporate Governance Award sebagai “Best Overall 2021” dari Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD)

2. Indonesia Green Awards 2021 untuk kategori Mempelopori Pencegahan Polusi dari La Trofi School of CSR

3. The Region’s Best Local Currency Bond Individuals in Research, Sales and Trading for 2021 dari The Asset

4. Top Sell Side Firms in Asian Currency Bonds 2020 dari The Asset

5. 2nd The Best Indonesia Enterprises Risk Management Award-IV 2021 dari Economic Review

6. Penghargaan Emisi Korporasi 2021 dari Majalah Investor

7. Asian Banking and Finance (ABF) Corporate and Investment Banking Awards 2021 sebagai “Corporate and Investment Bank of the Year-Indonesia”; “Syndicated Loan of the Year-Indonesia”; and “Corporate Client Initiative of the Year-Indonesia” dari Majalah Asian Banking and Finance

8. Asian Banking and Finance (ABF) Retail Banking Awards 2021 as “Digital Banking Initiative of the Year-Indonesia” dari Majalah Asian Banking and Finance

9. Anugerah Inovasi Indonesia 2021 untuk Penghargaan Utama kategori Sustainability atas Inovasi Literasi Keuangan Online dari IDX Channel

10. Brand Communications Champion 2021 untuk CIMB Niaga Forum Indonesia Bangkit Campaign sebagai The Most Creative Brand Communication untuk kategori Digital Campaign dari SWA Media Group

11. TOP GRC Awards untuk kategori tertinggi #5 Stars dan Penghargaan Khusus ‘Golden Star’ dari Top Business

12. Investor Awards ‘Best Bank 2021’ untuk kategori Bank dengan Produk dan Layanan yang inovatif dari Majalah Investor

13. The Asset Triple A Private Capital Awards for Private Banks, Wealth & Investment Bank Advisers, Solutions and Index Providers 2021 dalam kategori Investment Solution Awards sebagai ‘Best Investment Solutions - Rates 2021, Indonesia’ dan ‘Best Investment Solutions - FX 2021, Indonesia’ dari The Asset

14. Infobank 10th Sharia Awards 2021 untuk Golden Awards 2021 sebagai Unit Usaha Syariah dengan predikat “Sangat Bagus Selama 5 Tahun Berturut-turut” untuk Kinerja Keuangan selama 2016-2020 dari Majalah Infobank

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: