Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kans Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sangat Besar, Pengamat: Kalau Memang Rotasi Matra, Seharusnya AL

Kans Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sangat Besar, Pengamat: Kalau Memang Rotasi Matra, Seharusnya AL Kredit Foto: GenPI
Warta Ekonomi -

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah angkat bicara terkait bursa calon Panglima TNI.

Trubus mengatakan, jika Presiden Jokowi menitikberatkan pada rotasi matra maka kandidat kuat Panglima TNI berasal dari Angkatan Laut (AL). Artinya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono bakal menjadi calon kuat Panglima TNI yang baru.

"Kalau memang rotasi matra, seharusnya AL. Tradisi yang sudah disepakati memang begitu," ujar Trubus sebagaimana dikutip dari GenPI.co.

Baca Juga: Bocoran Panglima TNI 2021, Kode Presiden Jokowi Sangat Jelas

Menurut Trubus, rotasi matra merupakan cara paling ideal untuk memilih Panglima TNI. Sebab, jika Presiden menitikberatkan pada unsur kedekatan saja maka akan menimbulkan konflik di tubuh TNI.

"Memang idealnya rotasi matra. Kalau dasarnya kedekatan, potensi-potensi konflik sering kali tumbuh," kata Trubus.

Trubus pun meminta Presiden Jokowi memerhatikan betul terkait rotasi matra dalam proses pemilihan Panglima TNI. Trubus kemudian membeberkan kelebihan dari Kasal Yudo Margono.

"Yudo Margono ini punya kemampuan dalam memahami tentang keamanan laut Indonesia, karena sekarang ini persaingan negara lebih ke perebutan sumber daya alam," kata Trubus.

Untuk diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan pensiun pada November 2021 mendatang. Saat ini, bursa pemilihan calon Panglima TNI mulai ramai diperbincangkan. Ada dua nama yang banyak disebut yakni KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Yudo Margono.

Baca Juga: Blak-blakan Orang Pro Jokowi Sebut Yudo Margono Calon Panglima TNI 2021

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel:

Video Pilihan