Kabar Buruk Ramalan Badan Meteorologi Dunia, Penduduk Bumi Benar-benar ... Sudah Terlambat!

Kabar Buruk Ramalan Badan Meteorologi Dunia, Penduduk Bumi Benar-benar ... Sudah Terlambat! Kredit Foto: IStock/Romolo Tavani

Ada kabar buruk dari Badan Meteorologi Dunia. Nasib Bumi disebut sudah di ujung tanduk. Kondisinya benar-benar sudah darurat.

Perubahan iklim (climate change) memang sedang terjadi di Bumi. Namun berdasarkan temuan terbaru, kondisi Bumi makin darurat.

Baca Juga: Bill Gates Kritik Pedas Cara Penanganan Perubahan Iklim yang Dilakukan Australia, Lho Kenapa?

"Saya cemas bahwa keadaan kita sekarang menyerupai dengan pepatah katak direbus, nyaman dengan panasnya panci sampai sudah terlambat," tulis Martin Rees, pakar astrofisika terkemuka dan mantan pemimpin Royal Society.

Prediksinya, penghuni bumi bisa terebus sampai mati bila manusia terlambat mengantisipasi perubahan iklim.

Peringatan ini juga ikut dibuka Badan Meteorologi Dunia atau WMO. Ada sejumlah perubahan akibat perubahan iklim tersebut.

WMO pernah melaporkan tingkat karbondioksida Bumi meningkat jadi 413,2 bagian per satu juta di tahun lalu. Capaian itu juga telah melanggar Perjanjian Paris.

"Kita jauh dari jalur. Kita perlu meninjau kembali sistem industri, energi dan transportasi dan seluruh cara hidup kita," ujar Sekretaris WMO, Petteri Taalas.

WMO mengatakan perubahan iklim ternyata tak hanya menyebabkan banjir dan kenaikan permukaan air laut. Tapi fenomena itu juga menyebabkan adanya gelombang panas.

Gelombang panas sendiri terjadi di Amerika wilayah barat laut pada bulan Juni dan Juli lalu. Menurut Sekretaris WMO, Petteri Taalas, peristiwa itu adalah norma baru.

"Ada banyak bukti ilmiah bahwa beberapa di antaranya menanggung jejak perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia," kata dia seperti dilaporkan Straits Times, dikutip Rabu (3/11/2021).

Dia menambahkan adanya peningkatan pada konsentrasi gas rumah kaca yang melampaui target yang ditetapkan oleh Perjanjian Paris.

Perjanjian itu sebenarnya menyepakati pemanasan di bawah 2 derajat celcius.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini