Kepala BPOM Ngaku Baru Paham soal ini...

Kepala BPOM Ngaku Baru Paham soal ini... Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito hadir memenuhi Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI pada Senin 8 November 2021.

Di dalam rapat tersebut, anggota Komisi IX dari PKB, Arzetti Bilbina mempertanyakan masalaah Bisphenol A (BPA), yang diakuinya ia mengaku kurang paham soal BPA.

"Saya saja baru beberapa bulan ini tahu pasti tentang bahaya BPA dalam wadah plastik," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPOM Penny K Lukito menyatakan akan melakukan pengawasan pada wadah-wadah plastik. BPOM akan melakukan pelabelan BPA Free pada produk-produk wadah plastik.

"Kami sudah sampai pada kesimpulan bahwa nanti kami akan melakukan intervensi pada labelingnya. Jadi nanti ada upaya untuk pelabelan dari kemasan-kemasan tersebut, bisa jadi nanti ada label bebas BPA,” ujarnya. 

Penny juga mengatakan pertama yang akan dilakukan BPOM nantinya adalah terkait pemahaman konsumen yang dikaitkan dengan sumber bahan bakunya, apakah jenis ini memang mengandung BPA atau tidak.

Ia mengaku baru paham dan belajar bahwa plastik berbahan Policarbonat (PC) berpotensi mengandung Bisfenol A (BPA).  

"Karena, saya juga baru paham, belajar bahwa plastik yang PC, yang policarbonat bahwa itulah yang ada potensi mengandung BPA,” ucapnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini