Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Warna Lidah Mengindikasikan Kondisi Kesehatan Anda, Warna Hitam...

Warna Lidah Mengindikasikan Kondisi Kesehatan Anda, Warna Hitam... Kredit Foto: Republika
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saat berkunjung ke dokter, mereka selalu meminta pasien menjulurkan lidah untuk diperiksa. Apakah Anda bertanya-tanya mengapa dokter meminta untuk melihat lidah?

Menurut laman Times Now News, beberapa waktu lalu, hal ini dilakukan untuk petunjuk dan untuk menangkap perubahan yang mungkin perlu dievaluasi sehubungan dengan keluhan kesehatan baru-baru ini.

Baca Juga: Waduh… Penderita Diabetes Mengonsumsi Mayones, Memangnya Aman? Ternyata Oh Ternyata…

Dokter keluarga, Daniel Allan, dari Cleveland Clinic USA mengatakan lidah yang sehat harus berwarna merah muda dan ditutupi dengan nodul kecil (papil). Setiap penyimpangan dari penampilan normal lidah Anda, atau rasa sakit apa pun, mungkin perlu dikhawatirkan. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Lapisan putih atau bintik-bintik putih

Lidah putih atau adanya bintik-bintik putih di lidah Anda, bisa menjadi indikasi oral thrush yaitu infeksi jamur yang berkembang di dalam mulut. Bisa juga tanda leukoplakia, suatu kondisi di mana sel-sel di mulut tumbuh berlebihan. Atau Anda mengalami lichen planus oral, jaringan garis putih menonjol di lidah Anda yang terlihat mirip dengan renda.

Oral thrush paling sering terlihat pada bayi dan orang tua, terutama pemakai gigi palsu, atau pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah,” kata dia.

Leukoplakia dapat berkembang ketika lidah teriritasi dan sering terlihat pada orang yang menggunakan produk tembakau. Leukoplakia bisa menjadi pendahulu kanker tetapi tidak berbahaya dengan sendirinya. Sementara lichen planus oral, tidak diketahui apa yang menyebabkan kondisi ini, tapi biasanya sembuh dengan sendirinya.

Baca Juga: Penderita Diabetes Mau Makan Bakmi, Yakin? Duh… Pahami Dulu Hal Ini!

2. Lidah merah

Kondisi lainnya adalah lidah merah. Lidah berwarna merah sering merupakan tanda kekurangan vitamin atau lidah geografis, kondisi ini menyebabkan pola bintik-bintik kemerahan seperti peta berkembang di permukaan lidah Anda. Atau ciri demam berdarah, infeksi yang menyebabkan lidah tampak seperti stroberi (merah dan bergelombang). Lidah merah juga bisa jadi penanda adanya penyakit kawasaki. 

Kekurangan vitamin (Asam Folat dan B-12, atau Vitamin D) dapat dipastikan melalui tes darah sederhana. Bercak lidah geografis (dengan batas putih di sekitarnya) yang menggeser lokasi di lidah biasanya tidak berbahaya. Jika lidah merah disertai demam, temui dokter karena demam berdarah mungkin memerlukan antibiotik dan pada anak-anak, demam tinggi dengan lidah berwarna merah stroberi memerlukan perhatian segera jika memang penyakit Kawasaki.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan