Punya Utang Lebih dari Rp4.000 T, Pendiri Evergrande Jual Saham Rp4,9 T demi Bayar Utang

Punya Utang Lebih dari Rp4.000 T, Pendiri Evergrande Jual Saham Rp4,9 T demi Bayar Utang Kredit Foto: Twitter/QuickTake

Pendiri China Evergrande Group, Hui Ka Yan memangkas sejumlah sahamnya di perusahaan untuk pertama kalinya sejak go public pada 2009. Hal ini dilakukan Hui untuk membantu mencegah default perusahaannya yang dijuluki pengembang paling berutang di dunia.

Hui menjual 1,2 miliar saham Evergrande setara dengan USD344 juta (Rp4,9 triliun) pada hari Kamis kemarin, menurut pengajuan ke Bursa Efek Hong Kong. Jumlah ini mengurangi sahamnya bersama dengan istrinya menjadi 67,87% dari 76,96%.

Melansir Yahoo Finance di Jakarta, Senin (29/11/21) sebagaimana diketahui, regulator China telah mendesak Hui untuk menggunakan kekayaannya sendiri demi menopang keuangan kerajaan propertinya.

Baca Juga: Pendiri Evergrande Jual Aset Pribadi Rp15,6 Triliun untuk Bayar Utang Perusahaan

Evergrande Group memiliki utang lebih dari USD300 miliar (Rp4.304 triliun). Sejauh ini, Hui telah menyuntikkan lebih dari USD1 miliar (Rp14,2 triliun) ke Evergrande sejak Juli, terutama dengan melepaskan aset pribadi dan menjaminkan sahamnya.

Hui menjual saham rata-rata masing-masing HK$2,23, menurut pengajuan tersebut. Itu adalah diskon 20% dari harga penutupan pada hari Rabu.

Saham Evergrande ditutup 10% lebih rendah pada HK$2,50 pada hari Jumat sebelum pengajuan dilakukan, menjadikan penurunan tahun ini menjadi 83%.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini