Kisah Perusahaan Raksasa: Berawal dari Koperasi, DZ Bank Tumbuh Jadi Bank Besar di Jerman

Kisah Perusahaan Raksasa: Berawal dari Koperasi, DZ Bank Tumbuh Jadi Bank Besar di Jerman Kredit Foto: Getty Images

DZ Bank AG adalah perbankan ternama dan salah satu yang terbesar di Jerman. Namanya tercatat dalam daftar perusahaan raksasa berdasar pendapatan Fortune Global 500 tahun 2020. 

Dikutip dari lamannya, Fortune mencatat bahwa kondisi finansial DZ Bank sedang baik pada 2020. Pasalnya pendapatannya naik 22,4 persen menjadi 39,14 miliar dolar AS setahun, sedangkan keuntungannya melonjak 94,9 persen menjadi 1,89 miliar dolar tahun itu.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Maersk, Konglomerat Operator Kapal Kontainer Terbesar di Dunia

Menurut catatan yang ada, DZ Bank memiliki jumlah aset salah satu yang terbesar di Jerman. Korporasi ini menjadi lembaga pusat untuk sekitar 800 bank kooperatif yang tercatat di negara itu.

Jika ditarik ke belakang, melansir Zippia, sejarah DZ Bank dimulai pada abad ke-19. Pada 1872, Wilhelm Haas yang merupakan seorang promotor dari sistem kooperasi mendirikan masyarakat koperasi konsumen untuk petani di Friedberg di negara bagian Hesse. Tujuannya adalah untuk mengamankan keuntungan harga bagi anggota yang membeli input pertanian.

Perintis sistem koperasi termasuk Hermann Schulze-Delitzsch dan Friedrich Wilhelm Raiffeisen.pelajari lebih lanjut Lembaga Pertama Pada tahun 1872, promotor lain dari sistem koperasi, Wilhelm Haas, mendirikan masyarakat koperasi konsumen untuk petani di Friedberg di negara bagian Hesse.

Institusi Pertama pada tahun 1872, promotor lain dari sistem koperasi, Wilhelm Haas, mendirikan masyarakat koperasi konsumen untuk petani di Friedberg di negara bagian Hesse.

Jaringan keuangan koperasi tumbuh bersama. Pada tahun 1967 Otoritas Pengawas Federal menghapuskan patok suku bunga yang telah ada sejak tahun 1930-an.

Persaingan dengan bank tabungan dan bank lain meningkat, mendorong lembaga pusat dan bank koperasi lokal untuk membentuk unit yang lebih besar. Namun, sering kali, organisasi bank koperasi pedesaan dan perkotaan yang terpisah menghalangi merger.

Pada akhir tahun enam puluhan Raiffeisenverband (Asosiasi Raiffeisen) dan Asosiasi Koperasi Jerman memulai negosiasi merger yang akhirnya mengarah pada reorganisasi komprehensif asosiasi koperasi pada tahun 1972.

Undang-undang DG Bank Deutsche Genossenschaftsbank tahun 1975 berganti nama menjadi Deutsche Genossenschaftskasse dan memperluas lingkup perbankannya. Pada saat itu, bank tersebut memiliki lisensi untuk menjalankan cabang di Jerman dan luar negeri.

Pada awal 1976 DG Bank membuka kantor internasional pertamanya di New York dan Hong Kong. Apa yang lebih penting, bagaimanapun, adalah bahwa ia mampu mengambil alih bisnis lembaga pusat regional dan melanjutkannya di kantor cabangnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini