Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Merger Perusahaan Telko Percepat Perluasan dan Pemerataan Akses Internet

Merger Perusahaan Telko Percepat Perluasan dan Pemerataan Akses Internet Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Upaya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memperluas cakupan akses internet di Indonesia mendapat dukungan. Anggota Komisi I DPR RI Bobby Rizaldi mengatakan roadmap perluasan akses internet ke pelosok sudah tepat.

"Saat ini roadmap Kemenkominfo sudah tepat, selain mempersiapkan infrastruktur TIK, juga menyiapkan 12 juta SDM mulai tingkat vokasi sampai Digital Leaderships," kata Bobby kepada wartawan, Rabu (22/12).

Menurut dia, penyiapan infrastruktur merupakan faktor penting menunjang penyediaan akses internet ke masyarakat. Hak primer warga itu harus dipenuh oleh pemerintah, dengan bantuan provider telekomunikasi.

"Keterlibatan provider perlu sinergi dengan roadmap pemerintah via Kemenkominfo karena pembangunan Infrastruktur TIK dilakukan bersama," ujar dia.

Di sisi lain, Bobby Rizaldi melihat langkah provider telekomunikasi dalam mendukung pemerataan akses internet juga perlu diapresiasi. Dirinya mencontohkan langkah merger antara  Indosat dan Tri Indonesia.

“Itu harus kita dukung karena akan mendorong efisiensi dan penguatan provider untuk memaksimalkan layanan kepada masyarakat,” katanya.

Bobby berharap merger Indosat dan Tri memberi sumbangsih terhadap perluasan akses internet. Sehingga, penetrasi jaringan internet di Indonesia merata.

"Adanya sinergi dan efisiensi operator agar mampu membangun jaringan TIK seluas-luasnya," kata dia.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR Kresna Dewanata Phrosakh juga merespons positif restu Menkominfo terkait merger Indosat dan Hutchinson 3. Johnny sebelumnya mengatakan penggabungan dua perusahaan itu merupakan terobosan untuk mempercepat transformasi digital.

"Kita berharap apapun yang bisa mendukung perluasan jaringan internet, baik dengan merger antara Indosat dengan Hutchinson 3 itu saya rasa terserah. Perusahaan atau provider apapun kalau mau merger, asal itu bisa makin memperluas jangkauannya ke seluruh pelosok area di Indonesia saya rasa tidak ada masalah," kata Kresna Dewanata Phrosakh.

Menurut dia, tujuan akhir dari perluasan jaringan internet adalah dampak positif bagi masyarakat.

Sedangkan Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia-ITB, Ian Joseph Matheus Edward menyebutkan selain upaya pemerataan jaringan 4G, tantangan merger operator adalah membuat rencana skema tarif baru yang lebih terjangkau.

"Dua operator bergabung harusnya manfaatnya lebih terasa oleh masyarakat. Bukan berarti harganya langsung murah, tapi lebih terjangkau. Selain itu, cakupan dan kualitasnya juga semakin baik," ujar Ian.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Bagikan Artikel:

Video Pilihan