Kisah Perusahaan Raksasa: Poste Italiane, Layanan Surat Nomor Wahid di Italia
Poste Italiane adalah perusahaan penyedia layanan pos Italia. Bukan cuma itu, perusahaan juga menawarkan produk komunikasi terpadu, produk tabungan pos, logistik, layanan keuangan, dan asuransi.
Fortune mencatat pada 2020 Poste Italiane sebagai salah satu perusahaan raksasa dengan total pendapatan (revenue) sebesar 36,66 miliar dolar AS. Pendapatannya tumbuh sekitar 4,6 persen dari tahun sebelumnya.
Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Mizuho, Perbankan yang Ciptakan Bank Triliunan Dolar Pertama di Dunia
Sementara di sisi lain, keuntungan (profit) Poste Italiane mencapai 1,50 miliar dolar AS. Namun sayang, labanya turun 9 persen dari tahun lalu. Yang terakhir total aset yang dimiliki perusahaan sekitar 267,41 miliar dolar AS tahun 2020.
Dilansir dari berbagai sumber, perusahaan raksasa Poste Italiane telah ada melalui pendahulunya di pertengahan abad ke-19. Tahun 1862 di bulan May, pemerintah Italia mensahkan Undang-Undang Reformasi Pos No. 604. Hasilnya didirikanlah Kementerian Pos dan Telegraf, yang sebelumnya masih tergabung dalam Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Pos Umum dan Telegraf.
Pada masa berikutnya, Kementerian Pos dan Telegraf berganti nama menjadi Kementerian Komunikasi pada 1924. Jaringan layanan diperluas dengan akuisisi dan implementasi fasilitas logistik baru. Bangunan-bangunan baru dengan gaya Fungsionalis dibangun di kota-kota besar.
Dari tahun 1970 hingga 1985 produktivitas karyawan berkurang sebesar 24 persen dengan mengorbankan kualitas layanan yang diberikan, menghasilkan situasi defisit yang semakin kritis.
Sementara itu di awal 1990-an, administrasi publik Italia dan layanan pos dianggap tidak dapat dipulihkan dalam hal efisiensi dan profitabilitas. Defisit anggaran meningkatkan biaya personel, yang pada tahun 1986 menyerap sekitar 93 persen (termasuk 16 persen untuk pensiun) dari pendapatan saat ini.
Upaya telah dilakukan untuk mengatasi kesenjangan yang nyata dalam kualitas layanan pos Italia dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, dengan Keputusan-UU no. 487 tanggal 1 Desember 1993, diubah dengan undang-undang no. 71 tanggal 29 Januari 1994.
Hal ini menyebabkan transformasi Kantor Pos Italia dari perusahaan independen menjadi bisnis publik, dengan langkah tambahan ke SpA diambil pada tahun 1996 (diimplementasikan setelah 28 Februari 1998.
Pada tahun 2000, Kantor Pos Italia, melalui anak perusahaannya SDA Express Courier, mengakuisisi 20 persen modal saham perusahaan Bartolini dan secara resmi membentuk Konsorsium Logistik dan Paket dengan tiga perusahaan besar untuk penyortiran paket di negara tersebut. Perjanjian ini juga menjadi bahan tantangan oleh perusahaan saingan di pengadilan, tetapi berakhir dengan kemenangan Konsorsium.
Poste Italiane juga telah mengadopsi sistem kontrol untuk memantau secara real-time semua kantor pos, jaringan logistik dan keamanan komunikasi digital dan transaksi yang bekerja dengan pemerintah Italia, lembaga internasional, universitas, dan pusat penelitian.
Pentingnya produk dan layanan keuangan, seperti kartu prabayar Postepay, telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Postepay, pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003, mencapai sukses besar, terutama di kalangan anak muda, mendapatkan dan mempertahankan posisi pertama di tingkat Eropa di sektor kartu prabayar.
Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: ConocoPhillips, Dipuji Sebagai Pengeksplor dan Produksi Murni Terbesar
Poste Italiane menyediakan layanan keuangan melalui operasi terpisah dari BancoPosta salah satu pemain terbesar saat ini di pasar layanan keuangan Italia.
Dalam layanan tertentu termasuk rekening giro; promosi dan distribusi kepada masyarakat pinjaman yang diberikan oleh bank dan perantara keuangan; pengumpulan tabungan pos. Poste Italiane sekarang memperluas operasi manajemen aset kolektifnya.
Salah satu bisnis utama perusahaan adalah BancoPosta, sebuah divisi di dalam Poste Italiane SpA, yang bertindak sebagai platform distribusi yang menyediakan layanan tabungan pos.
Di samping itu, Poste Italiane adalah penyedia layanan surat nomor satu di Italia, diberikan secara eksklusif dengan tugas menyediakan Layanan Pos Universal di seluruh negeri.
Ini menyediakan layanan pengiriman surat dan paket melalui platform distribusi multichannel berpemilik. Ini adalah penyedia layanan terkemuka untuk manajemen surat hibrid --layanan yang memungkinkan dokumen digital dicetak, diselimuti dan dikirim dalam bentuk cetak ke penerima-- dan telah mengembangkan solusi teknologi tinggi untuk komunikasi digital yang aman.
Dalam beberapa tahun terakhir, penyebaran e-commerce telah mendorong pertumbuhan besar di pasar pengiriman paket.
Pengiriman surat, logistik, parsel dan pengiriman ekspres, selalu menjadi bagian penting dari identitas Poste Italiane dan juga termasuk Layanan Pos Universal Italia.
Pada tahun 2018, Poste Italiane menangani sekitar 3 miliar kiriman surat dan 127 juta paket, Dalam Rencana Deliver 2022 pada tahun 2018, perusahaan meluncurkan model Pengiriman Bersama baru, yang telah mendesain ulang layanan dengan memperkenalkan pengiriman sore dan akhir pekan dan berfokus pada modernisasi armada, dengan membuatnya lebih ramah lingkungan dengan diperkenalkannya 345 skuter roda tiga listrik penuh, dengan kapasitas beban yang lebih besar untuk memfasilitasi pengiriman paket di kota-kota dan meningkatkan keselamatan kerja.
Evolusi logistik e-commerce telah mengarah pada penciptaan PuntoPoste, jaringan baru yang dapat diakses yang melengkapi jaringan lebih dari 12.800 kantor pos, memungkinkan pengumpulan dan pengembalian pembelian online dan pengiriman paket pra-franked atau prabayar.
Pada tahun 2018, 417 titik PuntoPoste telah beroperasi, dan jaringan akan diperluas menjadi 3.500 unit pada tahun 2019.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto
Tag Terkait: