Ahok Disebut Telah Resmi Jadi Calon Gubernur DKI dari PDIP? Ternyata...

Ahok Disebut Telah Resmi Jadi Calon Gubernur DKI dari PDIP? Ternyata... Kredit Foto: Instagram/Basuki Tjahaja Purnama

Beredar sebuah gambar yang mengangkat narasi yang mengklaim bahwa Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) resmi kembali dicalonkan pada Pilgub DKI Jakarta mendatang. Seperti diketahui, sebelumnya Ahok sendiri merupakan Gubernur DKI Jakarta sebelum Anies Baswedan yang kini jadi petahana.

Adapun gambar tersebut awalnya beredar di media sosial dan turut diunggah salah satunya oleh pemilik akun Facebook bernama Felix Putu. Gambar tersebut menampilkan sosok Ahok tengah menandatani selembar kontrak dengan dikelilingi oleh sejumlah tokoh-tokoh PDIP seperti Presiden Jokowi, Megawati Soekarnoputri, Djarot Saiful Hidayat, Hasto Kristiyanto, dan lain-lain.

Baca Juga: Kader Demokrat Pengagum Setia Habib Rizieq Diringkus KPK, Sumpah Ahok Diungkit Lagi, Bikin Bergidik!

Dalam gambar itu pula, tampak sebuah narasi yang dicantumkan yang mana mengklaim bahwa Ahok secara resmi dicalonkan PDIP pada PIlgub DKI Jakarta mendatang. Ahok juga disebut siap membalaskan dendamnya setelah terzalimi pada kasusnya dahulu di masa kampanye Pilgub DKI 2017 silam melawan Anies Baswedan. Berikut bunyi narasi tersebut:

"RESMI DICALONKAN PILGUB DKI. AHOK YANG TERDZALIMI SIAP BALASKAN DENDAM."

Untuk cek fakta, ternyata narasi tersebut adalah keliru. Pasalnya, gambar yang digunakan aslinya merupakan foto pada saat peristiwa menjelang Pilgub DKI Jakarta pada 2017 silam. Adapun foto tersebut juga sebelumnya sudah pernah dimuat dalam artikel dari Kompas.com berjudul "Baju Batik Coklat Ahok di Tengah Seragam merah di DPP PDI-P..." yang terbit pada 21 September 2016 silam.

Dalam keterangan foto jepretan Andreas Lukas Altobeli tersebut pun, tertulis bahwa Ahok tengah menandatangani kontrak politik dengan PDIP di kantor PDI Perjuangan, Jakarta. Saat itu, Ahok diusung pada Pilkada DKI 2017 dengan dipasangkan dengan Djarot Saiful Hidayat.

"Ahok menandatangani kontrak politik dengan PDI P di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (20/9/2016). Partai PDI P mengusung Ahok dan Djarot untuk pilkada DKI 2017 mendatang," tulis Kompas.com dalam artikel tersebut.

Adapun dalam gambar palsu yang beredar tersebut, tampak bahwa gambar tersebut sudah disunting sedemikian rupa oleh pelaku. Pasalnya, dalam foto aslinya tak ada sosok Jokowi maupun Megawati dan hanya menampilkan sosok Djarot yang berdiri di belakang Ahok beserta empat orang kader PDIP lainnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Populis Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Populis. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Populis.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini