Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kabar Baik! Tol Cisumdawu Gratis Selama Dua Minggu bagi Masyarakat

Kabar Baik! Tol Cisumdawu Gratis Selama Dua Minggu bagi Masyarakat Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Masyarakat pengguna jalan bisa menggunakan Jalan Tol Cisumdawu Seksi I secara gratis selama dua pekan ke depan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil), mengatakan bahwa langkah tersebut dilakukan sebagai bagian dari sosialisasi kepada masyarakat sehingga mereka bisa mencoba jalan tol sepanjang 11,45 km tersebut.

Baca Juga: Konsorsium JSMR Pemenang Proyek Jalan Tol Gedebage-Cilacap

"Kami tunggu dari masyarakat masukan-masukan kurang lebihnya seperti apa sehingga bisa disempurnakan," kata Emil kepada wartawan usai meresmikan pengoperasian Seksi I Tol Cisumdawu di Kabupaten Bandung, Senin (24/1/2022).

Pembangunan jalan tol tersebut sudah disampaikan ke Presiden RI, Joko Widodo. Rencananya, jika tidak ada kendala, minimal pada Juni 2023 seluruh jalur tol Cisumdawu selesai dibangun. Jalan tol tersebut rencananya akan menghubungkan jalur Cileunyi, Kabupaten Bandung, sampai Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Emil mengungkapkan sebelumnya, ada masukan dari masyarakat bahwa Bandara Kertajati diberi nama Bandara BJ Habibie. "Namun, sampai saat ini masih menjadi diskusi karena memang aktivitasnya belum maksimal sehingga wacananya belum dimaksimalkan," ungkapnya.

Selain itu, ada aspirasi juga dari masyarakat bahwa Tol Cisumdawu juga, jika tidak ada halangan, bisa dipertimbangkan diberi nama menjadi jalan Tol Ali Sadikin. "Pemberian nama tersebut sebagai aspirasi masyarakat di sini kepada beberapa tokoh Sunda atau Jawa Barat yang dinilai luar biasa jasanya," ujarnya.

Emil menyebutkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sedang membangun tujuh jalan tol. Hal tersebut menandai betapa pentingnya Jawa Barat dalam konstelasi ekonomi nasional. Adapun jalan tol terpanjang di Pulau Jawa yang akan dibangun, yaitu yang menghubungkan Cileunyi-Garut-Tasikmalaya sampai Cilacap, Jawa Tengah.

"Pekan depan,  jika tidak ada halangan akan dimulai prosesi ground breaking-nya. Untuk wilayah Priangan Timur sampai Cilacap karena lelangnya sudah selesai pembangunan ini akan kami mulai," jelasnya.

Tak lupa, Emil mewakili masyarakat Jawa Barat menghaturkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basoeki Hadimuljono karena dinilai memberikan dukungan infrastruktur darat yang istimewa.

"Pembangunan infrastruktur darat ini jika digabungkan dengan reaktivasi kereta api maka ekonomi Jabar yang sudah pulih bisa terus menjadi yang terbaik di masa yang akan datang," pungkasnya.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan