Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

BTPN Syariah Bawa Kabar Gembira! Alhamdulillah, Segala Upaya dan Ikhitiar Buat Kinerja Positif

BTPN Syariah Bawa Kabar Gembira! Alhamdulillah, Segala Upaya dan Ikhitiar Buat Kinerja Positif BPTN Syariah | Kredit Foto: BPTN Syariah
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPN Syariah) membawa kabar gembira melalui pencapaian kinerja perseroan di sepanjang tahun 2021. Pembiayaan BTPN Syariah terhadap Ultramikro yang menjadi fokus Bank tumbuh 10% menjadi sebesar Rp10,44 triliun, dibanding periode yang sama sebelumnya Rp9,52 triliun.  

Pertumbuhan ini juga disertai dengan kualitas pembiayaan yang tetap terjaga, Non Performing Financing (NPF) tercatat di posisi 2,37%. Bank juga masih memiliki rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) yang kuat di posisi 58 %, jauh di atas rata-rata industri. 

Dana pihak ketiga tumbuh 12% (YoY) menjadi Rp10,97 Triliun dari Rp9,78 Triliun, dan Laba bersih setelah pajak (NPAT) mencapai Rp1,47 Triliun. Total aset perseroan pun tumbuh 13% (YoY) menjadi Rp18,54 Triliun dari Rp 16,44 Triliun.

“Alhamdulilah, segala upaya dan ikhitiar yang dilakukan Bank selama 2021 juga memberi kebaikan terhadap kinerja keuangan Bank dengan mencatatkan berbagai pertumbuhan yang positif. Bank tidak mungkin mencatatkan pencapaian ini secara sendiri saja, ini adalah dukungan seluruh pihak tanpa terkecuali,” ujar Direktur Utama BTPN Syariah, Hadi Wibowo di Jakarta, Rabu (9/2/2022). 

Baca Juga: Fokus Pada Kesejahteraan Kaum Perempuan, BTPN Syariah Galakan Women Enpower Women

Ia mengungkapkan jika capaian tersebut berkat dukungan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari bankirp emberdaya, nasabah pembiayaan yang tangguh, nasabah pendanaan yang mendukung penuh, pemerintah dengan program yang seimbang antara pemulihan ekonomi nasional dengan program kesehatan masyarakat, regulator yang meluncurkan berbagai program relaksasi yang memberikan nafas segar untuk perbankan, hingga masyarakat yang memberikan kesempatan dengan baik dan terlibat dalam berbagai program yang dijalankan BTPN Syariah. 

“Sungguh dukungan ini membuat kami bertekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik sepenuh hati. Insya Allah, di 2022 kita akan bersama-sama terus bergandengan dalam mengembangkan serta menjalankan berbagai inisiatif strategis untuk mewujudkan kesempatan tumbuh dan hidup yang lebih berarti bagi berjuta rakyat Indonesia,” ucap Hadi. 

Baca Juga: Bank BTPN Dukung Keuangan Berkelanjutan Melalui Produk Investasi Berbasis LST dan Digital

Selama lebih dari satu dekade, BTPN Syariah berkomitmen untuk tetap fokus melayani segmen pra dan cukup sejahtera produktif Indonesia. 

Menurut Hadi, dalam melayani segmen ini bank senantiasa menjalankan pola pendekatan pendampingan yang terarah, terukur dan berkelanjutan. Pola inilah yang memberikan kesempatan bank untuk terus mewujudkan misinya memberikan kesempatan tumbuh dan hidup yang lebih berarti kepada berjuta rakyat Indonesia. 

Melewati tahun kedua pandemi, Bank semakin belajar untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan nasabah dan perkembangan zaman terutama teknologi digital. 

Dimana, selama 2021 bank terus mengembangkan layanan berbasis aplikasi yang ditujukan untuk mempermudah seluruh nasabah dan agen bank yang disebut Mitra Tepat. Dengan aplikasi ini, setiap hari Mitra Tepat dapat membantu nasabah inklusi memenuhi kebutuhan mereka untuk bertransaksi perbankan. 

“Pengembangan teknologi ini tentunya sangat memperhatikan tingkat literasi digital masyarakat inklusi. Dalam hal ini bank tetap terus melakukan fungsi pendampingan sepenuh hati; memperkenalkan, mengajarkan, serta mempelajari respon mereka sebagai bagian proses penyempurnaan aplikasi sehingga tepat untuk menjadi alat dalam meningkatkan produktifitas mereka ke depannya. Jadi, semua dilakukan secara bertahap dan terus didampingi” tutur Hadi.

Sejalan dengan tujuan bisnis, Bank tetap intensif memberikan berbagai program pemberdayaan  yang terukur dan berkelanjutan kepada seluruh nasabah pembiayaan, terlebih di masa pandemi yang masih berlangsung. 

Lebih lanjut Hadi menuturkan bahwa berbagai program reward dan aktifitas sosial untuk nasabah, keluarga, dan lingkungan sekitar mereka tak luput menjadi perhatian bank. Program-program ini ditujukan untuk terus memberi motivasi di tengah pandemi yang sulit, sehingga nasabah bisa bangkit melanjutkan niat mereka untuk membangun kehidupan yang lebih berarti. 

Baca Juga: OJK Optimistis Pertumbuhan Kredit Capai 7,5% di 2022

Program tersebut antara lain pembiayaan khusus bagi nasabah dengan kondisi usaha yang menurun, program peningkatan kapasitas nasabah dengan berbagai pelatihan dan sertifikasi, pembiayaan lanjutan bagi nasabah yang mulai bangkit, pemberian hadiah emas sebagai insentif menarik, bantuan biaya pendidikan agar anak-anak nasabah tetap dapat bersekolah, hingga keterlibatan bank untuk turut serta mendukung percepatan vaksinasi pemerintah melalui program vaksin bersama yang melibatkan aparat, masyarakat sekitar, hingga lembaga pendidikan, adalah cara bank untuk terus memberikan kontribusi sosial. 

“Berbagai program yang terukur dan berkelanjutan ini adalah bagian dari upaya kami untuk tetap menunjukkan kehadiran kami dan mendampingi mereka di masa yang masih tak menentu,  Insya Allah upaya ini memberikan dampak yang baik bagi nasabah dan masyarakat sekitar, serta menjadi motivasi mereka dalam melewati masa yang masih menantang karena pandemi ini”, tutup Hadi. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: