Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Konglomerat Mukesh Ambani Yakin 20 Tahun Lagi India Bakal Jadi Negara Adidaya Energi Hijau

Konglomerat Mukesh Ambani Yakin 20 Tahun Lagi India Bakal Jadi Negara Adidaya Energi Hijau Kredit Foto: YouTube
Warta Ekonomi, Jakarta -

Konglomerat dan taipan India, Mukesh Ambani, pria yang menjadi salah satu orang terkaya di dunia ini mengklaim dalam 20 tahun kedepan, India bisa menjadi negara adidaya energi hijau global dengan ekspor energi bersih meningkat menjadi USD500 miliar (Rp7.182 triliun).

Perusahaan India, termasuk Reliance yang dipimpin Ambani telah mengumumkan rencana bernilai miliaran dolar untuk meningkatkan kapasitas energi terbarukan India termasuk membangun penyimpanan baterai, sel bahan bakar dan memproduksi hidrogen hijau dengan harga kurang dari USD1 per kilogram.

Baca Juga: Tak Henti Investasi, Orang Terkaya Asia Mukesh Ambani Beli Startup Robotika Hebat Ini!

“Jika dalam 20 tahun terakhir, kita dikenal dengan kemunculan India sebagai negara adidaya TI, 20 tahun ke depan, saya yakin, bersama dengan teknologi, akan menandai kemunculan kita sebagai negara adidaya di bidang energi dan ilmu hayati,” kata Ambani kepada Dialog Ekonomi Asia, mengutip Reuters di Jakarta, Jumat (25/2/22).

India adalah importir dan konsumen minyak terbesar ketiga di dunia dan sektor listriknya sangat bergantung pada batu bara.

Ambani mengatakan India harus memiliki strategi untuk mengakhiri ketergantungan pada bahan bakar fosil dalam dua hingga tiga dekade ke depan.

"Selama dua hingga tiga dekade ke depan, ketergantungan India pada batu bara dan minyak impor akan terus berlanjut. Namun, kita harus memiliki rencana untuk menghilangkannya dalam dua hingga tiga dekade mendatang," ujarnya.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan