Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

'Steve Jobs Bukanlah Pemimpin Alami, Dia Bekerja untuk Kembangkan Skill Komunikasi'

'Steve Jobs Bukanlah Pemimpin Alami, Dia Bekerja untuk Kembangkan Skill Komunikasi' Kredit Foto: Twitter/marciojmsilva
Warta Ekonomi, Jakarta -

Salah satu pendiri Apple bersama Steve Jobs, Steve Wozniak tahu betul pentingnya komunikasi, terutama dalam membangun bisnis. Wozniak memahami itu lantaran ikut mendirikan Apple dengan salah satu komunikator dan pemasar terbesar di dunia teknologi sepanjang masa: Steve Jobs.

Mendiang Jobs telah lama digembar-gemborkan sebagai sosok "jenius" untuk cara dia memasarkan dan menjual produk Apple, yang sebagian besar dirancang dan dibuat oleh Wozniak di masa-masa awal perusahaan.

Tetapi Wozniak memberi tahu CNBC Make It yang dikutip di Jakarta, Selasa (8/3/22) bahwa rekannya tidak selalu menjadi guru pemasaran dan komunikasi, justry itu adalah keterampilan yang harus dikembangkan Jobs untuk mengimbangi lantaran tidak menjadi insinyur komputer yang sangat terampil.

Baca Juga: Warren Buffett Borong Saham Raksasa Minyak, Miliarder Ini Protes Gak Suka, Lho Kenapa?

“Dia belajar banyak prinsip pemasaran karena dia tidak benar-benar mampu, dari segi teknik, Anda tahu, perangkat keras komputer [dan] perangkat lunak,” kata Wozniak tentang Jobs. “Dia harus menemukan area lain untuk menjadikan dirinya penting.”

Tahun lalu, Wozniak mulai membintangi reality show online "Unicorn Hunters" bersama mantan Bendahara AS Rosie Rios dan penyanyi Lance Bass. Di acara itu, dia dan juri lainnya mengajukan penawaran investasi dari pendiri start-up teknologi, dan Wozniak mengatakan dia terkadang kagum melihat betapa tidak efektifnya beberapa pengusaha berkomunikasi.

“Kami melihat banyak penawaran yang agak kasar dan gagap, dan mereka akan kehilangan diri mereka sendiri, dan itu tidak membantu ketika Anda mengajukan penawaran kepada investor,” katanya.

Baca Juga: Febri Diminta Mundur Jadi Pengacara Istri Ferdy Sambo: Kau Hanya Dapat Cacian Publik!

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: