Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Masa Emas Jack Ma Sirna, Mukesh Ambani dari India Kini Jadi Orang Terkaya di Asia

Masa Emas Jack Ma Sirna, Mukesh Ambani dari India Kini Jadi Orang Terkaya di Asia Kredit Foto: REUTERS/Francis Mascarenhas
Warta Ekonomi, Jakarta -

Miliarder paling mentereng di Asia, Jack Ma kini bukan orang terkaya di Asia. Masa emas Jack Ma telah sirna usai peraturan ketat dari Beijing yang mengatur raksasa teknologi di negara itu, termasuk perusahaannya Alibaba dan fintech afiliasinya Ant Group yang gagal IPO.

Kini, berdasarkan Bloomberg Billionaire Index, orang terkaya di Asia dirajai oleh taipan dari India, ialah Mukesh Ambani.

Tercatat kini kekayaan Mukesh Ambani mencapai USD96,4 miliar (Rp1.384 triliun), sementara kekayaan Jack Ma 'hanya' USD37,9 miliar (Rp544 triliun). Ambani adalah anak dari pengusaha Dhirubhai Ambani yang merupakan pendiri awal Reliance Industries. Setelah menjadi penerus perusahaan, Mukesh Ambani sukses membawa Reliance Industries lebih sukses lagi dari sebelumnya.

Baca Juga: The Real Crazy Rich! Orang Terkaya Asia Mukesh Ambani Miliki 4 Properti Mewah Ini!

Reliance Industries pun sekarang tak hanya berbisnis di bidang minyak dan gas, tetapi juga petrokimia, ritel, telekomunikasi hingga teknologi. Namun, Reliance Industries yang berbasis di Mumbai, India tetap menjadi pemilik kompleks penyulingan minyak terbesar di dunia.

Hidup sebagai taipan dan konglomerat teratas di India tak aneh membuat Ambani hidup glamor. Ia tinggal di rumah 27 lantai di Mumbai, India yang setiap lantainya memiliki ruangan berbeda-beda, seperti arena salju, dan lain sebagainya.

Selain Ambani, dalam daftar 500 orang terkaya Bloomberg, masih ada beberapa orang terkaya asal Asia lainnya, seperti Gautam Adani yang berharta USD93,6 miliar (Rp1.344 triliun), Zhong Shanshan asal China berharta USD67,2 miliar (Rp965 triliun), dan Jack Ma USD37,9 miliar (Rp544 triliun).

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan