Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Israel Gelar Pertemuan Bersejarah Pekan Depan, 3 Negara Arab Bakal Hadir

Israel Gelar Pertemuan Bersejarah Pekan Depan, 3 Negara Arab Bakal Hadir Kredit Foto: AP Photo/Gali Tibbon
Warta Ekonomi, Yerusalem -

Israel akan menjadi tuan rumah konferensi regional "bersejarah" yang melibatkan lima negara minggu depan, demikian Menteri Luar Negeri Yair Lapid mengatakan pada Jumat.

Konferensi itu berlangsung ketika pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir dengan Iran masih dalam ketidakpastian.

Baca Juga: Salah Satu Bank Terbesar di Israel Umumkan Terima Perdagangan BTC dan ETH

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan para menteri luar negeri Uni Emirat Arab, Bahrain dan Maroko akan tiba di Israel untuk serangkaian pertemuan diplomatik pada Minggu dan Senin, kata Lapid dalam sebuah pernyataan.

Palestina UAE dan Bahrain menormalkan hubungan dengan Israel pada 2020 di bawah kesepakatan yang ditengahi AS yang dikenal sebagai Kesepakatan Abraham, yang menciptakan dinamika regional baru berdasarkan keprihatinan bersama mengenai Iran.

Maroko mengikutinya tahun lalu dan kedua negara menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama militer pada Jumat, kata juru bicara tentara Israel (divisi media Arab) Avichay Adraee di Twitter.

Para pemimpin Mesir, Israel dan UAE bertemu di resor Laut Merah Sharm el-Sheikh pada Selasa untuk membahas dampak ekonomi dari invasi Rusia ke Ukraina dan pengaruh Iran, pada saat ketidakpastian atas komitmen keamanan Washington di wilayah itu.

Israel dan Mesir menandatangani perjanjian damai pada 1979.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.com.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan