Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tak Mau Ketinggalan Hype Metaverse, Jack Ma Rogoh Investasi ke Startup Kacamata Augmented Reality

Tak Mau Ketinggalan Hype Metaverse, Jack Ma Rogoh Investasi ke Startup Kacamata Augmented Reality Kredit Foto: TechCrunch
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah bulan yang panjang akan tekanan dan kerugian, perusahaan milik Jack Ma, Alibaba baru saja memimpin putaran investasi sebesar USD60 juta (Rp860 miliar) ke pembuat kacamata augmented reality, Nreal. Tampaknya, raksasa teknologi China itu mulai mencari cara untuk masuk ke dalam metaverse.

Teknologi augmented reality memaksakan gambar digital di dunia nyata. Pengguna dapat memakai dua produk kacamata Nreal, Light atau the Air, untuk mengakses aplikasi AR seperti game atau film.

Melansir CNBC International di Jakarta, Rabu (30/3/22) AR dipandang sebagai teknologi kunci untuk metaverse. Meskipun tidak ada definisi konkret, metaverse sebagian besar berkaitan dengan dunia virtual tempat orang bekerja dan bermain. AR adalah salah satu cara untuk mengaksesnya.

Baca Juga: Masa Emas Jack Ma Sirna, Mukesh Ambani dari India Kini Jadi Orang Terkaya di Asia

Raksasa teknologi China dari Tencent hingga Alibaba telah mencoba melakukan tindakan metaverse.

Nreal mengatakan putaran USD60 juta ini akan digunakan untuk meningkatkan investasi dalam penelitian dan pengembangan dan mempercepat ekspansi ke pasar baru tahun ini, termasuk China. Sejauh ini, Nreal telah menjual produknya di beberapa pasar termasuk Korea Selatan, Jepang, Spanyol, dan AS.

Perusahaan rintisan yang berkantor pusat di Beijing telah menarik banyak investor papan atas. Pada bulan September, Nreal mengungkapkan putaran pendanaan USD100 juta (Rp1,4 triliun) dan menghitung Nio Capital, lengan investasi pembuat mobil listrik Nio serta perusahaan modal ventura Sequoia Capital China, di antara pendukungnya.

Nreal tidak mengungkapkan penilaian setelah investasi Alibaba tetapi putaran sebelumnya pada bulan September menilai perusahaan sebesar USD700 juta (Rp10 triliun), CNBC melaporkan.
Platform video pendek China Kuaishou dan layanan streaming iQiyi juga merupakan investor di Nreal.

Investasi Alibaba di Nreal dapat mengisyaratkan kolaborasi antara keduanya mengingat pekerjaan awal dengan investor lainnya. Misalnya, Nreal dan Nio tahun lalu mengumumkan kacamata AR yang dirancang untuk kendaraan listrik.

Alibaba telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan kacamata augmented reality tahun ini untuk pertemuan virtual.

Nreal juga mengatakan suntikan dana baru akan digunakan untuk memperkuat kemitraan yang ada dengan pengembang dan mitra "untuk memberikan konten dan pengalaman yang lebih luas" kepada pengguna.

Investasi Alibaba di Nreal datang pada saat regulator di China terus meneliti praktik bisnis raksasa teknologi negara itu. Perusahaan internet lebih berhati-hati dalam berinvestasi di perusahaan lain. Sementara itu Tencent telah melepaskan saham di perusahaan e-commerce JD.com dan perusahaan teknologi Singapura Sea.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan