Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wajah Baru dalam Pemberian Penghargaan Primaniyarta dan Primaduta Tahun 2022

Wajah Baru dalam Pemberian Penghargaan Primaniyarta dan Primaduta Tahun 2022 Kredit Foto: Kemendag
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam upaya untuk merespons perkembangan tren perdagangan dunia yang semakin dinamis, penghargaan Primaniyarta dan Primaduta tahun ini akan memiliki wajah baru. Kemendag telah melakukan perubahan kategorisasi penerima dua penghargaan bergengsi di bidang ekspor tersebut. Perubahan ini diharapkan dapat melahirkan eksportir-eksportir baru yang lebih inspiratif dalam meningkatkan kinerja perdagangan.

"Pembaruan kategorisasi untuk mengikuti tren perkembangan dunia yang semakin dinamis. Tahun ini Kementerian Perdagangan akan menganugerahkan primaniyarta kepada 15 eksportir berprestasi dan primaduta kepada 25 buyer loyal," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi pada, Jumat (22/4/2022).

Baca Juga: Akselerasi Inovasi Digital, AAJI Beri Dua Wejangan ini

Penghargaan primaniyarta 2022 mengalami pembaruan menjadi 10 kategori dari 7 kategori pada tahun sebelumnya. Kategorisasi penghargaan yang memasuki tahun ke-26 terdiri atas eksportir pendobrak pasar, eksportir produk jasa, platform marketplace digital/e-commerce, eksportir berkelanjutan, eksportir digital marketing, eksportir produk inovatif, eksportir produk digital, eksportir muda, perempuan eksportir, dan kepala daerah pendukung ekspor.

"Pembaruan tersebut selain dilihat dari definisi tiap kategori, eksportir juga harus memiliki performa ekspor yang baik dan menaati semua kepatuhan pemerintah," ujar Didi.

Definisi kategori eksportir pendobrak pasar adalah eksportir yang mampu menembus pasar ekspor dengan upaya sendiri meskipun dengan kapasitas relatif terbatas. Definisi kategori eksportir produk jasa adalah eksportir yang memiliki performa ekspor baik dari sisi proses ekspor jasa yang dilakukan, tahapan merintisnya, mengembangkan, dan meningkatkan kualitas.

Sementara definisi kategori platform marketplace digital/e-commerce adalah perusahaan berbadan hukum yang memfasilitasi penjualan untuk ekspor produk Indonesia. Definisi kategori eksportir berkelanjutan adalah eksportir yang memberi perhatian pada lingkungan sosialnya melalui kebijakan perusahaan dalam aspek sumber daya manusia, gender, bahan baku, pengelolaan lingkungan hidup, konsumen, mitra kerja, dan masyarakat sekitar usaha maupun hal lain yang relevan. 

Baca Juga: Punya Kinerja Ciamik, Warta Ekonomi Beri Penghargaan ini Buat UUS Bank DKI

Selanjutnya, definisi kategori eksportir digital marketing adalah eksportir yang memanfaatkan digital marketing untuk pemasaran produknya secara maksimal. Definisi kategori eksportir produk inovatif adalah eksportir yang menghasilkan produk dengan inovasi dari sisi produk akhir maupun teknologi yang digunakan sehingga mampu menghasilkan produk yang menjawab kebutuhan pasar global yang dinamis dan memenuhi kebutuhan konsumen untuk hal-hal praktis.

Selanjutnya, kategori eksportir produk digital adalah eksportir produk digital seperti animasi, gim, program, e-book, aplikasi, dan sejenisnya. Definisi kategori eksportir muda dan perempuan eksportir adalah eksportir yang dilihat dari segi usia dan gender. Terakhir, definisi kategori kepala daerah pendukung ekspor adalah apresiasi untuk kepala daerah yang kebijakannya mendukung ekspor sehingga memberi dukungan penuh pada program peningkatan ekspor Kementerian Perdagangan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: