Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bappenas Bersama Dubes Uni Eropa Luncurkan EU-Indonesia Cooperation Publication 2022-2023

Bappenas Bersama Dubes Uni Eropa Luncurkan EU-Indonesia Cooperation Publication 2022-2023 Kredit Foto: Bappenas
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Republik Indonesia, Suharso Monoarfa dan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Vincent Piket meluncurkan 'EU-Indonesia Cooperation Publication 2022-2023'.

Publikasi tahunan Uni Eropa ini menyoroti hasil kerja Uni Eropa dan negara-negara anggotanya sebagai 'Team Europe' dalam mendukung pembangunan berkesinambungan di Indonesia.

Baca Juga: Berikan Penghargaan Khusus, Bappenas Umumkan Peraih PPD 2022

Dengan mengusung tema serupa dengan tema Presidensi G20 yang diemban Indonesia, publikasi tahun ini bertajuk 'Stronger Together' dan berfokus pada komitmen Uni Eropa dan negara-negara anggotanya dalam mendukung proses pemulihan pasca pandemi di Indonesia.

"Uni Eropa dan negara-negara anggotanya telah memainkan peran penting untuk mendukung Indonesia dalam pencapaian target pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Seiring dengan posisi presidensi G20 Indonesia di tahun 2022, kerja sama Indonesia dan Uni Eropa menjadi lebih strategis dalam memanifestasikan isu-isu prioritas G20 menjadi program nyata," ujar Suharso dalam acara Europe Day, pada Senin (9/5/2022).

Baca Juga: Walau Berada dalam Tantangan Pembangunan, Menteri Suharso Sebut Indikator Penting Terpantau Baik

Sebagaimana ditekankan dalam 'EU-Indonesia Cooperation Publication 2022-2023' Uni Eropa dan Indonesia tengah merundingkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) agar membuka peluang kerja sama yang lebih luas dan memperkuat hubungan kedua belah pihak dalam bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.

Uni Eropa dan Indonesia juga bekerja sama dalam proses Transisi Hijau yang berfokus pada upaya mencari solusi berkelanjutan, memajukan inovasi teknologi dan mendukung peningkatan kapasitas dan investasi dalam teknologi hijau.

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel:

Video Pilihan