Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden Jokowi Bertemu Menlu Serbia, Sawit Jadi Salah Satu yang Dibahas

Presiden Jokowi Bertemu Menlu Serbia, Sawit Jadi Salah Satu yang Dibahas Kredit Foto: ANJ
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Serbia Nikola Selakovic bersama delegasi terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 23 Mei 2022.

Selain soal gandum, Presiden Jokowi dan Menlu Serbia membahas soal ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dari Indonesia ke Serbia yang saat ini mencapai 30 persen dari total impor CPO Serbia.

Baca Juga: Eksportir Sawit Harus Memiliki PE, Berikut 3 Syarat Memperoleh PE

Presiden Jokowi dan Menlu Serbia juga membahas mengenai keinginan Serbia untuk dapat mengambil tenaga kerja semi-skilled dari Indonesia untuk mengisi beberapa bidang pekerjaan seperti konstruksi, makanan dan minuman, hingga hotelier.

"Jadi sekali lagi gandum, CPO, dan kerja sama dalam rangka penempatan tenaga kerja Indonesia di Serbia," tandas Presiden Jokowi, dilansir dari laman InfoSAWIT pada Rabu (25/5/2022). 

Sementara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya usai pertemuan mendampingi Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu mitra penting bagi Serbia sehingga hubungan kerja sama kedua negara harus terus ditingkatkan.

"Serbia mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu mitra yang paling disegani, dihormati oleh Serbia, dan merupakan komitmen Serbia untuk terus meningkatkan hubungan dengan Indonesia," ujar Retno. 

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan