Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sawit Komoditas Industri Global, Kemenko Perekonomian: Perlu Dikawal Semua Pihak

Sawit Komoditas Industri Global, Kemenko Perekonomian: Perlu Dikawal Semua Pihak Kredit Foto: ANJ
Warta Ekonomi, Jakarta -

Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Perkebunan, Moch. Edy Yusuf, mengatakan bahwa kelapa sawit sudah menjadi komoditas industri global dengan mengolah minyak sawit mentah sawit (crude palm oil/CPO) sebagai bahan baku dari banyaknya industri makanan, oleokimia, hingga renewable energy.

Karena hal itu, tak salah jika kelapa sawit dijuluki sebagai komoditas minyak nabati yang menjadi supporting life systems masyarakat dunia selama 24 jam setiap harinya.

Baca Juga: Bentuk Rantai Pasok Kelapa Sawit Bebas Deforestasi, &Green Berinvestasi di Hilton Duta Lestari

Dilansir dari laman Majalah Sawit Indonesia pada Jumat (27/5), Edy mengatakan, "Sayangnya belum banyak pihak yang paham tentang kelapa sawit bahkan banyak anggapan kelapa sawit merupakan komoditas perusak dan dampak negatif yang ditonjolkan dari komoditas tersebut."

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Perekonomian RI, diketahui kelapa sawit berkontribusi sebesar 13,6 persen terhadap ekspor nonmigas nasional serta mendorong Indonesia untuk mandiri energi melalui mandatori B30. Tidak hanya itu, sektor industri perkebunan kelapa sawit juga berkontribusi mengentaskan kemiskinan dengan menciptakan lapangan kerja untuk lebih dari 17 juta tenaga kerja baik secara langsung maupun tidak langsung.

Lebih lanjut dipaparkan Edy, dari sisi statistik perekonomian, kelapa sawit telah berkontribusi 3,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

"Sehingga sektor kelapa sawit merupakan sektor strategis bagi perekonomian masyarakat yang perlu dikawal tidak hanya pemerintah saja, tetapi oleh semua pihak," kata Edy.

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan