Kisah Perusahaan Raksasa: Safran, Produsen Mesin Pesawat Tertua di Dunia
Safran SA adalah produsen mesin pesawat tertua di dunia, yang terbentuk secara bertahap melalui asosiasi perusahaan ikonik dan inovatif di sektor penerbangan, luar angkasa, dan pertahanan.
Dibentuk oleh penggabungan antara produsen mesin pesawat dan roket dan produsen komponen kedirgantaraan, Safran menjadi bagian dalam Fortune Global 500 sebagai perusahaan raksasa, berdasar total pendapatannya.
Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Mula-mula Jual Telepon, NEC Corp Kini Tawarkan Cloud hingga IoT
Fortune mencatat pada 2020 Safran mengumpulkan total revenue sebesar 28,42 miliar dolar AS, dengan pertumbuhan dari tahun 2019, 12,9 persen. Sementara itu profitnya tumbuh 80,9 persen sehingga ia mendapatkan 2,73 miliar dolar AS di tahun 2020.
Asal usul perusahaan dapat ditelusuri kembali ke tahun 1905 ketika perusahaan Gnome didirikan Louis and Laurent Seguin. Produksi mesin putar pertama untuk pesawat terbang, Gnome Omega, dimulai pada tahun 1909.
Perusahaan ini bergabung dengan Le Rhone, sebuah perusahaan yang dibuat pada tahun 1912 oleh Louis Verdet, untuk membentuk perusahaan mesin Gnome et Rhone. Gnome & Rhone dinasionalisasi pada tahun 1945, menciptakan Snecma.
Pada awal 1960, SAT merancang sistem panduan inframerah pertama di dunia untuk misil udara-ke-udara. Unit referensi inersia pertama di Prancis, diproduksi oleh Sagem, digunakan pada pesawat Nord 2501 yang ditempatkan di Bretigny Flight Test Center. Ini juga memasok sistem panduan inersia untuk rudal balistik di pasukan pencegah nuklir Prancis, dan periskop untuk kapal selam nuklir peluncur rudal Prancis.
Peluncur Diamant A yang baru dipandu oleh unit pemandu inersia Sagem untuk peluncuran pertamanya pada tahun 1965, mengirimkan satelit Prancis pertama ke orbit. Sagem juga memasok sistem navigasi untuk pesawat jet komersial, seperti Airbus A300. Saat ini, Sagem adalah pemimpin Eropa dalam sistem navigasi inersia.
Snecma bekerja sama dengan Messier pada 1970-an, menambahkan Hispano-Suiza dan Bugatti untuk menciptakan perusahaan Messier-Hispano-Bugatti (MHB) yang akan mengkonsolidasikan semua produk sistem pendaratan. Saat ini, Messier-Bugatti-Dowty adalah pemimpin dunia di segmen pasar pendaratan dan pengereman.
Pada tahun 1973 Snecma bergabung dengan klub perusahaan terpilih yang mampu memproduksi mesin jet komersial, dengan menandatangani perjanjian kerjasama dengan General Electric Aircraft Engines untuk mengembangkan dan memproduksi CFM56 ("CF" untuk lini mesin komersial General Electric, dan "M56" untuk Snecma's). proyek ke-56).
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto
Tag Terkait: