Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenhub Akan Lakukan Uji Coba Operasional Stasiun Matraman

Kemenhub Akan Lakukan Uji Coba Operasional Stasiun Matraman Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebagai bagian dari Mega Proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai - Cikarang, Stasiun Matraman akan uji coba operasional naik turun penumpang pada Kamis (16/6).  Stasiun yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan sejak Tahun 2016 ini melayani perjalanan KRL lintas Kampung Bandan - Bekasi/Cikarang.  Dalam kesempatannya di Jakarta pada Selasa (14/6/2022).

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jakarta - Banten, Rode Paulus menjelaskan berbagai persiapan teknis  sudah dilakukan, serta kelengkapan fasilitas pelayanan dan keamanan sudah siap dipergunakan untuk menunjang kemudahan dan kenyamanan pengguna KRL di dalam Stasiun.

Baca Juga: Soal GoTo, Cucu Nabi Ini Bela Erick Thohir: Dia Sukses Lebarkan Sayap BUMN, Tapi Banyak yang Iri!

“Mulai Kamis ini, kami akan mengoperasikan Stasiun Matraman, selama satu minggu kedepan kami lakukan uji coba operasional naik-turun penumpang dari dan ke Stasiun Matraman,” ungkap Rode.

Rode menjelaskan rangkaian kegiatan persiapan pengoperasian Stasiun Matraman sudah dilakukan sejak awal Juni ini secara kolaboratif 

“Kami bersama sejumlah stakeholder terkait diantaranya PT. KAI Commuter, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga PT. Transjakarta telah melakukan kegiatan inspeksi bersama (joint inspection) untuk memastikan semua  fasilitas di dalam Stasiun dapat dipergunakan dan berfungsi dengan baik dari mulai eskalator, lift, toilet, Alat Pemadam Kebakaran (APAR)  hingga sistem alarm kebakaran dan juga  CCTV dapat difungsikan untuk memastikan keamanan di dalam Stasiun. Beberapa hari setelahnya, kami lanjutkan dengan pemeriksaan Standar Pelayanan Minimum (SPM) oleh Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api sesuai amanah dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 68 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimum dengan hasil pemeriksaan yang baik,” tutur Rode. 

Rode juga menyampaikan Stasiun Matraman dilengkapi fasilitas lainnya seperti ruang pelayanan barang tertinggal, ruang laktasi, pos kesehatan, mushola, fasilitas untuk pengguna disabilitas serta area parkir yang memadai. 

“Stasiun Matraman ini lokasinya sangat strategis, berada diantara Stasiun Transit Manggarai dan Jatinegara, sehingga nantinya kami harapkan dengan kehadiran Stasiun Matraman dapat mempermudah aksesibilitas masyarakat kawasan sekitar yang sebelumnya harus menuju Stasiun Manggarai atau Jatinegara untuk dapat menggunakan KRL, saat ini masyarakat dapat langsung menuju Stasiun Matraman untuk melakukan perjalanan dengan KRL,” ujar Rode. 

Dengan letaknya yang strategis, Stasiun Matraman berpotensi akan meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas khususnya bagi pengguna KRL yang berada di sekitar wilayah Matraman, Kampung Melayu, Jatinegara dan Manggarai. Akses menuju Stasiun Matraman terhubung langsung dengan jalan Raya Matraman yang terintegrasi dengan halte bus Transjakarta koridor 5. 

Baca Juga: Waduh! Restoran Padang Bakal Disidak Gegara Rendang Babi, PDIP: Resep Jadi Pecundang di Mata Dunia

“Sebagai Stasiun yang baru, tentu saja kami akan lakukan monitoring secara intensif untuk meminimalisir permasalahan yang timbul, akses perpindahan penumpang di dalam Stasiun yang kami sediakan dari mulai tangga, lift dan eskalator akan selalu menjadi concern kami, untuk itu kami upayakan semua fasilitas dalam Stasiun dapat berfungsi dengan baik dan dapat dipergunakan secara optimal,” pungkas Rode.

Baca Juga: Kantongi Restu OJK, Bank Bjb Resmi Masuk Jadi Pemegang Saham Bank Bengkulu

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: