Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terbang dari Inggris dan Tiba di Singapura Bawa Cacar Monyet, Pria Ini Langsung Dikarantina

Terbang dari Inggris dan Tiba di Singapura Bawa Cacar Monyet, Pria Ini Langsung Dikarantina Kredit Foto: AP Photo/Annabelle Liang
Warta Ekonomi, Singapura -

Kementerian Kesehatan (MoH) telah mengkonfirmasi kasus impor virus cacar monyet (monkeypox) di Singapura.

"Pasien adalah seorang pria Inggris berusia 42 tahun yang bekerja sebagai pramugara dan berada di Singapura antara Rabu lalu dan Jumat lalu (15 & 17/6/2022) dan lagi pada Minggu (19/6/2022) saat ia terbang masuk dan keluar dari negara itu," kata MoH pada Selasa (21/6/2022) malam, dilansir The Straits Times.

Baca Juga: Cacar Monyet Diramalkan Guncang Dunia, Bocoran Bos WHO Bikin Salah Fokus

Pasien tersebut dinyatakan positif cacar monyet pada hari Senin (22/6/2022) dan saat ini dirawat di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular (NCID).

Kondisinya stabil, kata MoH, seraya menambahkan bahwa pelacakan kontak sedang berlangsung. Hasilnya, 13 kontak dekat telah diidentifikasi pada Selasa (22/6/2022).

Semua kontak dekat akan ditempatkan di karantina selama 21 hari sejak kontak terakhir mereka dengan pasien.

"Dua kontak berisiko rendah juga telah ditempatkan pada pengawasan telepon," kata MoH.

Mereka yang berada di bawah pengawasan telepon akan menerima panggilan telepon setiap hari selama periode 21 hari untuk memantau timbulnya gejala.

Jika dicurigai terinfeksi, akan segera dibawa ke NCID untuk evaluasi lebih lanjut dan isolasi untuk mencegah penularan lebih lanjut.

Ini adalah infeksi cacar monyet impor pertama yang terdeteksi di Singapura sejak 2019, ketika seorang pria Nigeria dinyatakan positif.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan