Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Optimistis Pengunjung Mal Naik, Ini Strategi Bima Sakti di 2022

Optimistis Pengunjung Mal Naik, Ini Strategi Bima Sakti di 2022 Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bima Sakti Pertiwi Tbk (PAMG), emiten pengelola pusat perbelanjaan Mal Pekanbaru, Riau, optimistis prospek usaha pusat perbelanjaan (mal) di tahun ini akan pulih dan masih sangat baik ke depan seiring dengan tingkat vaksinasi di Indonesia yang terus meningkat.

Tren pemulihan ini mulai tampak dengan berkaca pada jumlah kunjungan pengunjung di Mal Pekanbaru milik perseroan yang meningkat 7% pada 2021, sehingga tren positif tersebut dinilai akan terus berlanjut di tahun 2022.

Direktur Utama Bima Sakti Pertiwi, Christopher Sumasto Tjia, mengatakan tahun 2020 dan 2021 memberikan pelajaran dan pengalaman yang belum pernah dihadapi sebelumnya. Banyak pelaku usaha yang jatuh bangun dalam proses melewati pandemi ini dan perseroan pun ikut merasakan hal yang sama.

Baca Juga: Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Kawasan Jakarta Timur, APLN Lakukan Groundbreaking Bukit Podomoro

Memasuki 2021, kinerja usaha perseroan semakin membaik dari tahun sebelumnya, seiring dengan turunnya angka Covid-19, perkembangan ekonomi makro, perekonomian masyarakat yang membaik, serta hasil dari gotong royong seluruh lapisan masyarakat.

“Kami optimistis prospek usaha pusat perbelanjaan masih sangat baik ke depan. Sejalan dengan pulihnya ekonomi nasional, maka bisnis pusat perbelanjaan pun akan ikut pulih dan menorehkan kinerja yang kian positif tahun ini,” katanya dalam Paparan Publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Rabu (6/7/2022).

Menurut Christopher, keyakinan ini pun berpedoman pada proyeksi resmi yang disampaikan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) yang optimistis jumlah pengunjung pusat perbelanjaan di 2022 ini akan lebih baik mendekati kondisi normal sebelum pandemi. Proyeksi ini didorong faktor kenaikan tingkat vaksinasi dan varian omicron yang tidak dilihat sebagai hambatan dalam proses pemulihan pusat perbelanjaan.

Baca Juga: Sektor Properti Masih Layu meski Ekonomi Nasional Mulai Pulih

Berdasarkan catatan APPBI, tingkat kunjungan pusat perbelanjaan rata-rata hanya 50% di 2020. Di 2021, angkanya naik menjadi 60% dan tahun ini ditargetkan bisa mencapai 70-80% dari kondisi sebelum pandemi.

Optimisme itu mulai terlihat semakin nyata saat momen libur Lebaran 2022 di mana jumlah pengunjung Mal Pekanbaru naik dari 2021. Pada libur Hari Raya kedua saja, jumlah pengunjung di Mal Pekanbaru mencapai 17.800 orang.

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Bagikan Artikel:

Video Pilihan