Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mobile Banking dan e-Wallet Masih Jadi Pilihan Orang Indonesia, Siapa Jawaranya?

Mobile Banking dan e-Wallet Masih Jadi Pilihan Orang Indonesia, Siapa Jawaranya? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan riset berbasis digital, Populix meluncurkan hasil survei Consumer Preference Towards Banking and e-Wallet Apps yang mengulas preferensi masyarakat Indonesia terhadap penggunaan aplikasi mobile banking, digital banking dan e-wallet.

Survei menunjukkan sebanyak 64% responden memiliki aplikasi layanan perbankan dan finansial pada ponsel mereka, dengan 91% responden mengatakan memiliki aplikasi mobile banking, 84% memiliki e-wallet, dan 33% memiliki aplikasi digital banking.

Timothy Astandu, Co-Founder & CEO, Populix, bilang bahwa akselerasi transformasi digital yang terjadi beberapa tahun belakangan ini membawa dampak terhadap berbagai industri, termasuk sektor perbankan dan keuangan. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya pilihan aplikasi layanan perbankan dan keuangan yang bertumbuh untuk menjawab berbagai kebutuhan pengguna.

Baca Juga: DANA Tingkatkan Batas Nilai Saldo dan Transaksi Uang Elektronik sesuai Kebijakan BI

"Melalui hasil survei ini, kami berharap dapat membantu bank dan para penyedia layanan dompet digital untuk lebih memahami preferensi, demografi, dan alasan konsumen dalam menggunakan layanan-layanan tersebut guna mengembangkan produknya sesuai perkembangan pasar," jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Warta Ekonomi, Kamis (7/7/2022).

Survei menunjukkan mobile banking dan e-wallet masih menjadi dua saluran pembayaran pilihan responden di semua rentang usia, sementara digital banking lebih populer di kalangan responden yang berusia dewasa.

Beberapa alasan utama yang mendorong responden memilih aplikasi mobile banking dan digital banking, yaitu kepraktisan, hemat waktu, dan kemudahan dalam penggunaan aplikasi. Sementara untuk e-wallet, selain kepraktisan, responden menyatakan mereka menggunakan e-wallet karena layanan yang terintegrasi dengan platform e-commerce, serta menawarkan promo cashback.

Aplikasi perbankan digital dan dompet digital kini telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari. Hal tersebut terlihat dari lebih dari 80% responden yang menggunakan mobile banking, digital banking, dan e-wallet setidaknya satu kali dalam seminggu.

"Ke depannya, penggunaan aplikasi bank dan dompet digital ini juga diprediksi akan terus bertumbuh, di mana hal ini tercermin dari survei kami yang menemukan lebih dari setengah responden mengatakan mereka akan semakin sering menggunakan aplikasi perbankan dan keuangan, baik mobile banking, digital banking, maupun e-wallet,” kata Timothy menambahkan.

Baca Juga: Gerindra Amankan 10 Kursi DPRD Bali, Cuma Bangli yang Gagal Kirim Wakil

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: