Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Strategi Pentahelix BNPT Diapresiasi Pengamat Birokrasi

Strategi Pentahelix BNPT Diapresiasi Pengamat Birokrasi Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Eksekutif Indonesia Beaurocracy and Service Watch (IBSW), Nova Andika mengatakan bahwa BNPT yang sejak tahun 2020 berada di bawah kepemimpinan Komjen Pol Boy Rafli Amar, terus menunjukkan upaya yang gigih, sungguh-sungguh, dan konsisten untuk senantiasa memperluas jejaring.

Alhasil, tidak hanya sekian banyak lembaga dan pihak di dalam negeri, baik organ pemerintah maupun swasta menjadi mitra aktif BNPT, di luar negeri pun jaringan BNPT terbangun dengan baik. 

Baca Juga: Sinergi Kementan dan BNPT Sukseskah Panen Raya Turen, DPR: Kerja Hebat, Hasil Nyata!

"Apalagi BNPT pun saat ini dengan tepat memilih strategi sinergi multipihak atau strategi pentahelix dan mengembangkannya secara intens dengan melibatkan beragam unsur, tak hanya instansi pemerintah, swasta, masyarakat, akademisi, media, bahkan pelaku usaha," kata Nova dalam keterangannya, Selasa (26/7/2022).

Hasilnya, kata Nova, hingga saat ini BNPT telah melaksanakan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dengan 47 kementerian/lembaga melalui sinergi program, enam kementerian/lembaga dalam penanggulangan terorisme di lima provinsi sasaran (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Tengah), 11 organisasi masyarakat dan keagamaan, 12 lembaga pendidikan dan lembaga riset, sekian banyak media, serta 19 badan usaha milik negara dan daerah.

"Itu prestasi yang hanya dapat dicapai dengan kesungguhan, optimisme dan konsistensi," kata Nova.

Baca Juga: Pengamat Terorisme: Pembangunan KTN oleh BNPT Harus Diakselerasi

Menurutnya, dengan titik tekan selama ini, ditambah bukti-bukti efektivitas kerja BNPT, tepat sekali di ulang tahunnya yang ke-12 ini BNPT mengambil tema "Gelorakan Sinergi Bangsa dalam Mencegah Intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme menuju Indonesia Harmoni".

Yang lebih membuat pihaknya kagum dan terharu, menurut Nova, BNPT pun bahkan telah menjalin kerja sama dan kesepahaman dalam penanggulangan terorisme itu dengan pihak luar negeri, di antaranya lemhanas Inggris (Royal College of Defense Studies/RCDS) dan perguruan tinggi Islam terkemuka di dunia, yakni Universitas Al-Azhar. 

Baca Juga: Jangkau Ekosistem Lebih Luas, Investree Luncurkan Pinjaman Usaha Mikro

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: