Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Subsidi Bikin BBM Dinikmati Masyarakat Banyak, Fadel Muhammad: Terima Kasih kepada Pemerintahan Bapak Jokowi, Tapi...

Subsidi Bikin BBM Dinikmati Masyarakat Banyak, Fadel Muhammad: Terima Kasih kepada Pemerintahan Bapak Jokowi, Tapi... Kredit Foto: MPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, Fadel Muhammad, mengatakan bahwa subsidi BBM yang diberikan Pemerintah Indonesia memberikan dampak signifikan kepada masyarakat tidak mampu.

"Dengan adanya subsidi BBM yang diberikan Pemerintah, diberikan Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi), banyak masyarakat tidak mampu yang terbantukan untuk membeli BBM ini. Saya mengucapkan terima kasih atas kebijakan subsidi BBM dari Pemerintah," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta (3/8/2022).

Baca Juga: Inflasi Bulan Juli 2022 Bengkak, Fadel Muhammad Imbau Pemerintah Segera Siapkan Kebijakan Antisipasi Kenaikan Inflasi

Walaupun subsidi BBM penting, Fadel Muhammad tidak lupa mengingatkan tentang potensi buruk dari subsidi BBM yang diberikan. Hal ini mengingat subsidi BBM yang diberikan sudah tembus di angka Rp502 triliun. 

"Kita tidak bisa memungkiri pentingnya subsidi BBM ini bagi masyarakat kurang mampu. Daya beli mereka untuk BBM bisa terjaga dengan adanya [subsidi BBM] ini. Tetapi, saya ingin ingatkan kembali mengenai long-term negative impact-nya, yaitu bisa menambah beban APBN kita. Subsidi BBM kita sudah di angka Rp502 triliun, ini bukan angka yang kecil. Kita nggak boleh lupa kalau APBN nggak bisa nanggung terus-terusan subsidi ini," ujarnya.

Founder dan Komisaris Warta Ekonomi ini pun menyatakan besarnya nilai subsidi BBM sekarang ini utamanya dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 dan krisis geopolitik Ukraina dan Rusia yang sedang berlangsung.

"Besarnya nilai subsidi BBM ini ngga terlepas dari pengaruh Covid-19 yang bikin pelemahan ekonomi. Selain itu ada krisis geopolitik akibat perang Ukraina dan Rusia yang bikin harga komoditas dunia naik tinggi. Saya sangat mengapresiasi Pemerintahan Bapak Presiden Jokowi yang masih dapat memberikan subsisi BBM ini di tengah kondisi yang bisa katakan sangat berat," imbuhnya.

Baca Juga: Darurat Kesehatan Global, Fadel Muhammad Imbau Pemerintah: Jangan Remehkan Monkeypox!

Fadel Muhammad kemudian mengimbau kepada masyarakat kaya dan masyarakat kelas menengah untuk tidak menggunakan BBM bersubsidi karena hal ini diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu. Ia pun kembali mengimbau agar kelompok masyarakat kaya dan kelas menengah untuk taat membayar pajak guna membantu APBN.

"Saya mengimbau kepada kelompok masyarakat yang sudah sangat mampu, yang kaya, dan masyarakat middle-class untuk ngga beli BBM subsidi, karena ini kan buat masyarakat kita yang tidak mampu. Saya juga ingin mengimbau agar masyarakat kaya dan menengah ke atas ini untuk selalu taat bayar pajak. Ini kan bisa mengurangi beban APBN, bisa bantu Pemerintah agar subsidi BBM bisa tetap diberikan kepada masyarakat kita yang tidak mampu. Tunjukkan rasa cinta Tanah Air kita dari sini," tutupnya.

Baca Juga: Melalui SKC, Prudential Syariah Dorong Percepatan Ekonomi Syariah di Indonesia

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: