Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rayakan Hari Kemerdekaan, BNPP Ingatkan Pentingnya Rasa Nasionalisme

Rayakan Hari Kemerdekaan, BNPP Ingatkan Pentingnya Rasa Nasionalisme Kredit Foto: BNPP
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sejumlah 400 orang peserta mengikuti Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia di Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kemeriahan ini bukan hanya terlihat pada jumlah peserta yang hadir untuk mengikuti upacara semata, tetapi juga antusiasme masyarakat yang datang menyaksikan pelaksanaan upacara Bendera serta berpatisipasi pada kegiatan-kegiatan hiburan masyarakat dan perlombaan seperti Tebe bersama, panjat pinang, tarik tambang, dan lari karung.

Deputi Bidang Infrastruktur Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Letjen TNI (Purn) Jefri Apoli Rahawarin, yang menjadi Inspektur Upacara pun memuji antusiasme masyarakat, pelajar, serta tamu undangan yang mengikuti kegiatan Upacara Bendera memperingati  HUT ke -77 RI ini, termasuk memberikan apresiasi kepada tamu undangan dari petugas di Pos Batugade Timor Leste.

Baca Juga: Kemendagri dan BNPP Salurkan Daging Kurban ke Mustahik

“Gagasan yang paling mendasar pasca terbangunnya PLBN adalah bagaimana PLBN tersebut dapat tumbuh sebagai kawasan pusat ekonomi baru di perbatasan negara. Untuk itu, bersama Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota perbatasan, dan seluruh unsur masyarakat, kita perlu terus melakukan upaya-upaya sinergis pengembangan serta penguatan perekonomian dan pensejahteraan masyarakat kawasan perbatasan negara.” ujarnya di Lapangan Joni, Motaain, Rabu (17/8/2022).

Pada kesempatan tersebut Jefri juga mengingatkan tentang rasa nasionalisme yang harus dijaga oleh masyarakat yang tinggal di perbatasan negara.

"Melalui momentum peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama Pemerintah terus bergerak bersama dan bergotong royong menjawab tantangan tersebut. Nilai-nilai Dasar Negara “Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika” mempersatukan dan menuntun kita bersama untuk pulih lebih cepat agar siap menghadapi ,  tantangan bangsa dan global, serta bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia semakin maju kedepan," sambungnya.

Jefri menegaskan Pemerintah melalui BNPP dan Kementerian/Lembaga anggota akan secara bertahap membangun perbatasan negara. Diharapkan masyarakat dapat mempertahankan rasa nasionalisme serta membantu menjaga kedaulatan di beranda depan NKRI.

"Pupuk rasa kebanggaan bagi setiap warga negara Indonesia bahwa kita mampu berdiri sama tinggi atau lebih maju dalam beraktivitas dengan masyarakat negara tetangga. Jaga keutuhan wilayah, kedaulatan negara, sekaligus ciptakan kegiatan-kegiatan yang produktif, yang dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan jaga persatuan dan kesatuan serta kelestarian lingkungan diantara masyarakat dan aparatur pemerintahan yang ditugaskan di perbatasan," pungkasnya.

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara HUT ke-77 RI di Kecamatan Tasifeto Timur yaitu Dekan Unhan, Agus Adrianto; Wakil Ketua DPRD Kab. Belu, Ciprianus Temu; Anggota DPRD Kab. Belu, Yonas E. Talo; Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setda Belu, Nikolaus Umbu K. Biri; Kaban Perbatasan Kab. Belu, J. Cons Ando; Kepala BPP Kec. Tasifeto Timur, Dominggus; Administrator PLBN Motaain, Engelberthus Klau; Supervisor Imigrasi PLBN Motaain, Oktorius Kollo; Bea Cukai PLBN Motaain, Rofinus Deny Boy; Danramil 1605-07/Wedomu, Kapten Inf I Nyoman Suastika; Pasi Pers Kodim 1605/Belu, Kapten Inf Alex Besi; Dan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY, Ltu Inf I Nyoman Kalinu; Ka Pol Sub Sektor Motaain, Ipda I Nyoman Sukasada; Danpos Brimob PLBN Motaain, Ipda Roberto Alves; Danpos PM PLBN Motaain, Serka Guntur; Koordinator Karantina Kesehatan PLBN Motaain, dr. Eswalda E Ratrigis; Koordinator Karantina Pertanian PLBN Motaain, drh. Nina M. B Liban; Karantina Perikanan, Yandi Firmawan; Ketua TP. PKK Kec. Tasifeto Timur, Wilfyda A. Bria; Para Kepala Desa Kec. Tasifeto Timur; dan Para Tokoh Agama, tokoh adat dan toko masyarakat Kec. Tasifeto Timur.

Turut hadir tamu undangan dari negara tetangga Timor Leste yaitu Dan Yon UPF Timor Leste /Unidade Patrolhamento de Frointeiras, Superintendente Euclides Belo; Kepala Bea Cukai Timor Leste, Eusebio Dos Santos Daconcecao; DNTT Timor Leste, Julito De Jelus; Imigrasi Timor Leste, Julio Da S. Freitans; Kesehatan Timor Leste, Roberto J. B. Cardoso; Karantina Timor Leste, Salvador Pereira; Poltrans FNTL, Julio da Crus; dan Kepala BANK BNU Timor Leste, Pascoela Pereira.

Baca Juga: "Urusan Lebih Besar", Dibalik Usaha Ferdy Sambo Tutupi dan Bunuh Brigadir J

Disamping melaksanakan Upacara Bendera, BNPP dan Pemda juga melaksanakan beberapa kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-77 RI. Kegiatan tersebut antara lain lomba Panjat pinang, lomba Tarik tambang, lomba lari karung dan lain-lainnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: