Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Di Sulawesi Barat, Sawit Sumbang Nilai Devisa Sebesar 90%!

Di Sulawesi Barat, Sawit Sumbang Nilai Devisa Sebesar 90%! Kredit Foto: Hamdan/elaeis.co
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perkebunan kelapa sawit juga berkembang pesat di Pulau Sulawesi, tepatnya di Sulawesi Barat (Sulbar). Sulawesi Barat menjadi salah satu provinsi penghasil minyak kelapa sawit di Indonesia. Sekretaris Daerah Sulawesi Barat, Muhammad Idris Dp mengatakan, sektor perkebunan kelapa sawit menjadi penyumbang terbesar devisa non migas di Provinsi Sulawesi Barat. 

Tutur Muhammad Idris, dengan produksi minyak sawit di Sulawesi Barat yang mencapai 261 ribu ton per tahun, nilai devisanya mampu mencapai Rp2,3 triliun atau menyumbang sekitar 90 persen dari total ekspor komoditas di Sulawesi Barat.

Baca Juga: Baru 30%, Pelaku Usaha Sawit Digenjot Memiliki Sertifikasi ISPO

"Sawit merupakan komoditi andalan Sulbar karena menjadi penyumbang terbesar devisa non migas di Sulbar,” katanya di Mamuju, dilansir dari laman InfoSAWIT pada Jum’at (9/9). 

Lebih lanjut dikatakan Muhammad Idris, kelapa sawit juga merupakan salah satu komoditas unggulan dan penyumbang devisa terbesar non migas negara ini. Oleh karena itu, pihaknya mendukung upaya peningkatan produktivitas perkebunan sawit rakyat melalui program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) serta peningkatan sarana dan prasarananya.

Baca Juga: Industri Sawit Dukung Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan

Selain itu, kata Muhammad Idris, pemerintah Sulawesi Barat juga akan berupaya melakukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) perkebunan sawit untuk memperbaiki tata kelola sawit Indonesia berkelanjutan. 

Baca Juga: Begini Strategi BRI Tingkatkan Penyaluran Kredit Konsumer di 2022

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: