Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Customer Persona?

Apa Itu Customer Persona? Kredit Foto: Unsplash/Paul Hanaoka
Warta Ekonomi, Jakarta -

Customer persona adalah karakter fiksi atau penggambaran yang digunakan untuk menyegmentasikan audiens dan pembeli untuk menyempurnakan pesan pemasaran sehingga lebih efektif ditargetkan untuk kebutuhan khusus kelompok atau individu. 

Jika dilakukan dengan baik, customer persona atau persona pelanggan dapat membantu pemasar memahami audiens mereka dengan lebih baik, meningkatkan perolehan prospek dan kepuasan pelanggan, serta meningkatkan konversi.

Dengan customer persona, pengguna bisnis dapat memahami kumpulan atau kelompok konsumen yang berbeda. Pengguna bisnis dapat mengetahui di mana kelompok tertentu tinggal, kelompok usia mereka, dan mungkin beberapa perilaku pembelian mereka yang biasa.

Baca Juga: Apa Itu CRM?

Semua informasi ini dapat membantu mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang kelompok homogen ini, sehingga dapat melayani kepentingan pelanggan dengan lebih baik.

Customer persona terdiri dari berbagai hal yang diinformasikan oleh wawasan audiens yang kuat seperti analitik situs web, umpan balik pelanggan langsung, dan riset pasar. Customer persona dapat mencakup tujuan dan aspirasi mereka, tantangan yang mereka hadapi, sikap dan keyakinan, minat dan hobi, usia, peran pekerjaan, pendidikan, dan lokasi mereka.

Customer persona pada akhirnya memungkinkan perusahaan untuk merancang pengalaman pengguna terbaik bagi pelanggannya di semua titik kontak, yang merupakan faktor kunci keberhasilan dalam lingkungan bisnis saat ini.

Tipe Customer Persona

1. Marketing Persona

Marketing Persona digunakan untuk meringkas segmen pelanggan berdasarkan karakteristik audiens, perilaku, preferensi produk atau layanan dan persepsi merek.

Contoh persona pemasaran adalah meringkas demografi, usia, brand and media preferences dan influences.

2. Buyer Persona

Meskipun sebagian besar persona konsumen adalah persona pembeli, istilah ini biasanya digunakan untuk persona B2B di mana ada banyak pengambil keputusan.

3. Users Persona

Users Persona tidak relevan untuk semua bisnis. Ini biasanya digunakan dalam pemasaran B2B ketika pengguna produk atau layanan berbeda dari penentu atau pembeli.

4. Desain web atau persona pengalaman Pelanggan

Persona ini dibuat khusus untuk meningkatkan pengalaman pengguna online dan meningkatkan hasil dari situs. Idealnya, mereka menggabungkan pemetaan titik kontak untuk mendukung pengambilan keputusan pembelian di seluruh saluran. Biasanya berdasarkan penelitian.

5. Primary Persona

Dalam persona desain web, biasanya mendefinisikan persona pemasaran utama yang mendefinisikan pelanggan 'tipikal' atau 'ideal' yang paling cocok untuk produk dan layanan bisnis.

Dalam desain web, persona utama tidak selalu khas audiens. Misalnya, Ford menggunakan persona utama mobil wanita, persona satu bulan yang memiliki minat atau pengetahuan yang relatif sedikit tentang mobil.

Customer persona bisa membantu dalam beberapa hal berikut:

  • Mengetahui bagaimana cara berinteraksi dengan pelanggan yang memiliki karakteristik dan latar belakang yang berbeda-beda
  • Membantu dalam memahami bagaimana dan mengapa customer mengambil keputusan pembelian dari produk yang dijual
  • Membantu membuat strategi digital marketing yang tepat untuk menyasar calon customer

Berdasarkan data customer persona dari calon pelanggan, kita dapat menyimpulkan strategi marketing seperti apa yang tepat untuk mereka.

Baca Juga: Refly Harun Sebut 6 Parpol Dukung Anies Maju Pilpres 2024: Dinding Istana Bergetar

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: