Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu CRM?

Apa Itu CRM? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Customer Relationship Management (CRM) adalah teknologi bisnis dalam mengumpulkan interaksi pelanggan di semua saluran di satu tempat. Dengan mengelola data terpusat, dapat membantu bisnis meningkatkan pengalaman, kepuasan, retensi, dan layanan pelanggan. CRM memungkinkan bisnis untuk mendorong pertumbuhan dan keuntungan.

Tujuan CRM sederhana yakni meningkatkan hubungan bisnis untuk mengembangkan bisnis Anda. Sistem CRM membantu perusahaan tetap terhubung dengan pelanggan, merampingkan proses, dan meningkatkan profitabilitas.

CRM mengacu pada prinsip, praktik, dan pedoman yang diikuti organisasi saat berinteraksi dengan pelanggannya. Pada akhirnya, CRM berfungsi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Baca Juga: Apa Itu Stagflasi?

Elemen CRM berkisar dari situs web dan email perusahaan hingga surat massal dan panggilan telepon. Media sosial juga menjadi salah satu cara perusahaan beradaptasi dengan tren yang menguntungkan bottom line mereka. 

Inti dari CRM adalah untuk membangun pengalaman positif dengan pelanggan agar mereka terus datang kembali sehingga perusahaan dapat menciptakan basis pelanggan.

Hari ini, teknologi CRM secara luas disebut-sebut sebagai kategori perangkat lunak perusahaan yang tumbuh paling cepat, yang sebagian besar mencakup pasar perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) yang lebih luas. Lima pemain terbesar di pasar CRM saat ini termasuk raksasa komputasi awan Salesforce, Microsoft, SAP, Oracle, dan Adobe Systems.

Sistem CRM membantu bisnis mengatur dan memusatkan informasi mereka pada pelanggan, memungkinkan akses yang lebih mudah serta dukungan pelanggan. Beragam bisnis hari ini menggunakan sistem CRM untuk mengoptimalkan penjualan dan pemasaran serta meningkatkan retensi pelanggan.

Dengan sistem CRM, analisis data juga jauh lebih mudah, di mana bisnis dapat melacak keberhasilan berbagai proyek atau kampanye, mengidentifikasi tren, menyimpulkan asosiasi, dan membuat dasbor data yang intuitif secara visual.

Dengan adanya CRM, pelanggan menikmati layanan yang lebih baik dan lebih mungkin untuk melaporkan kepuasan yang lebih tinggi sebagai hasilnya. Interaksi pelanggan termasuk keluhan disimpan dan dapat dengan mudah diingat kembali sehingga pelanggan tidak harus terus-menerus mengulanginya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: