Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menko PMK Ungkap 5 Life Skill Penting untuk Capai Generasi Emas 2045!

Menko PMK Ungkap 5 Life Skill Penting untuk Capai Generasi Emas 2045! Kredit Foto: Kemenko PMK
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan sebagai penerus masa depan bangsa, para pemuda harus memiliki 5 (lima) life skill penting untuk mencapai generasi Indonesia Emas 2045.

Kelima life skill tersebut dirumuskan dalam 5C, yakni, critical thinking, creativity and inovation, communication skill, collaboration dan confidence.

Baca Juga: Kemenko PMK Dorong Pemenuhan Gizi Anak di Gorontalo Guna Percepat Penurunan Stunting

"Seorang mahasiswa harus menguasai semua keterampilan hidup ini, agar mampu besikap dan bertindak dengan baik dalam menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan baru," tutur Muhadjir saat menyampaikan kuliah umum pertukaran mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Bela Negara di Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Kampus Kaliabang, Bekasi, (14/9/2022).

Pada kesempatan itu, di tengah-tengah sambutannya, Nuhadjir turut melantunkan sebuah lagu yang diikuti oleh sorak sorai para peserta kuliah umum.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Kolaborasi Hadapi Tantangan Digitalisasi dan Bonus Demografi

Diketahui, kuliah umum bela negara diluncurkan oleh LLDikti (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) wilayah III Jakarta serta didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Dalam pemaparannya, Muhadjir turut menyampaikan mata kuliah bela negara yang diberikan dalam kuliah umum tersebut memiliki makna strategis dalam menyiapkan generasi Indonesia menghadapi ancaman tantangan dan gangguan terhadap negara.

Baca Juga: Kantongi Izin OJK, Bank BNI Siap Geber Bisnis Modal Ventura

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: