Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Paid Promote?

Apa Itu Paid Promote? Meida Sosial | Kredit Foto: Unsplash/Firmbee.com
Warta Ekonomi, Jakarta -

Paid promote adalah membayar sejumlah uang kepada influencer atau orang terkenal untuk mempromosikan brand atau campaign yang kita miliki. Paid promotion menjadi teknik untuk mempromosikan konten berbayar di sejumlah saluran, termasuk sosial media.

Paid promotion membantu memudahkan upaya dalam distribusi konten dan memastikan bahwa konten tersebut mencapai target audiens. Sebelum itu, identifikasikan persona pembeli untuk menentukan target audiens.

Paid promotion melibatkan pemanfaatan berbagai jaringan dan platform untuk mendistribusikan konten Anda. Iklan bersponsor muncul di tempat-tempat tertentu karena telah dibayar. Paid promotion dengan cepat menggantikan semua metode tradisional pemasaran konten. Orang-orang tidak lagi tertarik dengan iklan spanduk, tetapi mereka lebih mempercayai sumber yang terpercaya.

Baca Juga: Dorong Kesejahteraan Nelayan, Erick Thohir Luncurkan Program Solar! Apa Itu?

Salah satu manfaat signifikan dari paid promote adalah peningkatan jangkauan yang memungkinkan konten dilihat oleh lebih banyak orang. Selain itu, promosi berbayar meningkatkan visibilitas merek, meningkatkan keterlibatan dengan orang-orang yang mungkin belum tahu tentang merek Anda. 

Paid promotion dapat diukur sehingga memungkinkan Anda untuk memperbaiki, memperbarui, dan mengoptimalkan konten berdasarkan bagaimana konten tersebut diterima oleh audiens.

Sebelum memutuskan untuk melakukan paid promote, buatlah rencana distribusi konten yang mengharuskan menyertakan media sosial. Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk menguji kemanjuran storytelling. Namun, perlu mengidentifikasi target audiens sebelum memilih platform. 

Sebagai contoh, baby boomer lebih banyak berada di Facebook, sementara pengguna milenium dan Gen Z sebagian besar menggunakan Instagram.

Paid promotion yakni melakukan pembayaran untuk penempatan iklan di media. Biasanya iklan atau advertorial mereka ditargetkan untuk segmentasi audiens individual. Paid promotion menjadi peluang bagus untuk menilai apakah konten Anda berfungsi dan apakah pesan pemasaran Anda sesuai dengan audiens. Paid promote juga memungkinkan skala besar dan jangkauan untuk kampanye pemasaran Anda.

Paid promote memastikan konten Anda menjangkau audiens yang tepat pada waktu yang tepat dengan membuatnya terlihat di umpan berita mereka, selain itu juga memaksimalkan jangkauan Anda dan membuat konten Anda dilihat oleh cukup banyak orang agar investasi dan pembuatannya bermanfaat.

Kesalahan umum yang dilakukan oleh pemasar konten adalah berinvestasi besar-besaran dalam pembuatan konten, tetapi tidak harus menempatkan anggaran berbayar yang layak di baliknya. Anggaran perlu diarahkan untuk investasi sosial dengan cara yang sama seperti banyak bisnis mengukir anggaran iklan TV atau iklan cetak untuk tahun tersebut. Pastikan Anda menyesuaikan rencana periklanan media sosial Anda secara berkelanjutan. Gunakan format yang sesuai, berinvestasi dalam uji coba inovasi baru, dan selalu belajar dari pengalaman.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: