Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jadi Penerima Award IBF 2022, Strategi Kolaborasi Ekosistem Kalla Group: Winning The Profit Game

Jadi Penerima Award IBF 2022, Strategi Kolaborasi Ekosistem Kalla Group: Winning The Profit Game Kredit Foto: Screenshot
Warta Ekonomi, Jakarta -

Guna meningkatkan resiliensi perusahaan agar dapat tumbuh berkelanjutan di tengah dinamika perubahan yang berlangsung cepat, Kalla Group sebagai perusahaan terbesar di Indonesia Timur kini terus melakukan upaya kolaborasi ekosistem, baik secara intraekosistem maupun interekosistem.

"Strategy ecosystem collaboration formula ujungnya adalah winning the profit game, dan penjumlahnya adalah intra dan interekosistem, maka akan menjadi tidak lengkap kalau tidak memaksimalkan kolaborasi dari luar juga," tutur Achmad Soegiarto selaku Chief Technology & Strategy Officer, Holding Kalla Group dalam Indonesia Brand Forum (IBF) 2022 pada Senin (19/9/2022).

Achmad Soegiarto atau yang akrab dipanggil Anto melanjutkan bahwa kolaborasi yang terjalin semata-mata dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan Kalla Group. Oleh karena itu, di samping gencar dalam menggerakkan dan menggalakkan inovasi secara internal, kini Kalla Group tengah melebarkan sayapnya pada kolaborasi ekosistem eksternal dengan berkeinginan melahirkan entrepreneur-entrepreneur nasional melalui program Kalla Startup Hunt.

Baca Juga: Keunikan IBF 2022: Dari Konferensi, Peluncuran Buku, sampai Ajang Penghargaan

Dengan mengandalkan kekuatan digital dan budaya di dalamnya, melalui program tersebut Kalla berupaya untuk menjarig perintis inovasi berbakat dalam rangka membantu akselerasi inovasi mereka melalui tujuh Mega Ekosistem Kalla Group yang antara bergerak di bidang edukasi, properti dan hopitality, transportasi dan logistik, trading, energi, infrastruktur dan konstruksi, serta manufaktur.

Tentu saja dalam kolaborasi ini integrasi ke dalam ekosistem sangat diperlukan untuk menguatkan tujuan kolaborasi. Selama prosesnya ini, Anto menceritakan bahwa Kalla Group telah melalui kolaborasi yang terjalin telah berhasil mengembangkan sebuah aplikasi "Kallafriends" yang berfokus menciptakan unbelievable customer experience yang dinamakan New Life Experience bagi pelanggan Kalla Group.

"Banyak hal menarik yang terjadi seperti banyak model bisnis yang coba digagas, yang awalnya mungkin belum dipikirkan tapi ternyata berhasil membuat diri kita surprised dengan pertumbuhan kita sendiri. Kalla for Life itu menjadi cita-cita kita. Kallafriends menjadi value yang bisa dinikmati semua pelanggan kita," tutur Anto.

Hasil baik dari kolaborasi ekosistem terhadap pertumbuhan Kalla Group yaitu salah satunya Kalla Group dapat menghadirkan 5.000 partisipan dalam acara Kalla Youth Festival dan lebih dari 6.000 transaksi yang terjadi di Kallafriends hingga September tahun ini. Tentunya, prestasi ini telah menjadi bagian dari visi besar Kalla Group yang tidak hanya memperbesar ekosistemnya di Indonesia bagian Timur, namun juga memberi warga bagi Indonesia dengan digitalisasi ekosistem kolaborasi.

Dalam ajang penghargaan IBF 2022 ini, Kalla Group telah ditetapkan oleh Dewan Juri Indonesia Brand Forum 2022 sebagai pemenang Indonesia's Top Brand Champion Award untuk kategori The Best Corporate Collaboration for Ecosystem Development in East Indonesia atas kontribusinya dalam pengembangan ekosistem bisnis khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: