Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wakilnya Biden 'Disambut' Rudal Balistik Saat Kunjungi Korea Selatan

Wakilnya Biden 'Disambut' Rudal Balistik Saat Kunjungi Korea Selatan Kredit Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Warta Ekonomi, Moskow -

Korea Utara telah melakukan uji coba rudal balistik jarak pendek menjelang perjalanan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris ke wilayah tersebut.

Proyektil, diluncurkan dari sekitar Taechon di barat laut Korea Utara, menempuh jarak sekitar 600 km (373 mil) sebelum mendarat di Laut Jepang, kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS), dilansir RT.

Baca Juga: Kapal Induk Tiba di Korea Selatan, Apa Rencana Amerika buat Korea Utara?

Berita itu muncul menjelang kunjungan Harris ke Korea Selatan dan Jepang, dan rencana latihan angkatan laut gabungan AS-Korea Selatan. VP akan memulai tur Asia minggu depan.

Dewan Keamanan Nasional kepresidenan Korea Selatan mengatakan peluncuran itu ilegal menurut hukum internasional.

Ketua JCS Jenderal Kim Seung-kyum dan Jenderal Paul LaCamera, komandan Komando Pasukan Gabungan Korea Selatan-AS, merilis sebuah pernyataan yang bersumpah untuk “lebih memperkuat postur pertahanan gabungan terhadap ancaman dan provokasi Korea Utara.”

Mereka menambahkan bahwa uji coba senjata Korea Utara merusak perdamaian.

Komando Indo-Pasifik AS secara terpisah menyatakan bahwa komitmen Washington untuk membela Korea Selatan dan Jepang “tetap kokoh.”

Kapal induk USS Ronald Reagan berlabuh di pelabuhan Busan Korea Selatan untuk pertama kalinya dalam hampir lima tahun pada hari Jumat. Dua kapal perusak peluru kendali AS juga tiba di Busan, sementara kapal perusak lain berlabuh di dekat Changwon sebagai bagian dari kunjungan kelompok penyerang tersebut.

AS dan Korea Selatan memulai kembali latihan bersama skala besar bulan lalu setelah beberapa tahun terhenti. Pyongyang menganggap latihan itu sebagai ancaman bagi keamanan nasional.

Baca Juga: PAN Jateng Dukung Pencapresan Ganjar Pranowo, Pengamat: Bisa Dapat Tiket Capres KIB

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: