Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dorong Pertumbuhan UMKM, Mitra LPDB-KUMKM Gencarkan Pelatihan Digital

Dorong Pertumbuhan UMKM, Mitra LPDB-KUMKM Gencarkan Pelatihan Digital Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) salah satu mitra Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) yakni Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) UGT Nusantara tengah gencar melakukan pelatihan digital dan juga marketing bagi para anggotanya.

Seperti yang dilakukan BMT UGT Nusantara yakni Jaring Aspirasi dan Pelatihan Kewirausahaan Anggota untuk wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat di Gedung Ikama Jakarta, Minggu (25/9/2022).

Baca Juga: SEO, Kunci Seller Buat Sukses Berjualan di Era Digital

Rawahid Ruslan Wakil Ketua II Pengurus BMT UGT Nusantara mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan dalam rangka mendorong usaha para anggota untuk naik kelas dan berkembang, serta memberikan manfaat tambahan selain manfaat dari Sisa Hasil Usaha (SHU) dari koperasi.

"Para anggota BMT UGT Nusantara ini  tidak hanya menerima manfaat dari BMT berupa SHU Tahunan, tetapi anggota juga dibantu untuk mengembangkan usahanya agar bisa berkembang dan apa yang dibutuhkan oleh anggota sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik wilayah masing-masing seperti di Jakarta ini kebutuhan digitalisasi untuk home industry itu kami fasilitasi untuk mengadakan pelatihannya," ujar Rawahid Ruslan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/9/2022).

Selain memberikan pelatihan, pihaknya menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan juga untuk menjaring aspirasi dari para anggota apa yang diinginkan oleh anggota kepada BMT.

"Pelatihan ini juga sekaligus jaring aspirasi anggota kepada BMT UGT Nusantara apa yang diperlukan dan dibutuhkan anggota untuk dibahas dan bisa menjadi landasan dalam mengambil keputusan dalam RAT Tahunan," kata Rawahid.

Sedangkan dari sisi manfaat, pelatihan yang dilaksanakan juga untuk lebih saling mendekatkan diri antara pengurus dan juga anggota agar saling mengenal dan bisa menyampaikan aspirasi layanan dan juga bagaimana cara karyawan melayani anggota, komunikasi dengan anggota.

Baca Juga: Lewat Pelatihan Usaha Mikro, Kemenkop UKM Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi UMKM Surakarta

"Kami berharap dengan adanya pelatihan ini anggota harus proaktif menyampaikan berbagai hal untuk kemajuan BMT UGT Nusantara kedepan dan BMT juga sebisa mungkin membantu mengembangkan usaha yang saat ini kami adakan pelatihan teknologi informasi bagaimana cara mengembangkan bisnis online mereka dan juga pelatihan home industri," papar Rawahid.

Baca Juga: Kantongi Restu OJK, Bank Bjb Resmi Masuk Jadi Pemegang Saham Bank Bengkulu

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: