Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Xi Jinping Sehat Walafiat, Rumor Kudeta China Seketika Gugur

Xi Jinping Sehat Walafiat, Rumor Kudeta China Seketika Gugur Kredit Foto: Reuters/Selim Chtayti
Warta Ekonomi, Beijing -

Presiden China Xi Jinping muncul kembali di televisi pemerintah Selasa (27/9/2022) setelah beberapa hari absen dari pandangan publik yang memicu desas-desus tentang nasib politik pemimpin berusia 69 tahun itu.

Dilansir Associated Press, Xi ditunjukkan mengunjungi pameran di Balai Pameran Beijing dengan tema Menempa Menuju Era Baru.

Baca Juga: Ayah dari Wanita yang Siram Poster Xi Jinping dengan Tinta Mendadak Tewas di Penjara

Didampingi oleh Perdana Menteri Li Keqiang dan para pemimpin tinggi lainnya, Xi, yang juga ketua Partai Komunis China (PKC) yang berkuasa dan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), melihat beberapa pajangan dan mengomentari kemajuan ekonomi China selama dekade terakhir.

Kunjungan itu adalah penampilan pertama Xi di televisi sejak ia kembali dari pertemuan puncak regional di Uzbekistan akhir pekan lalu.

Di bawah peraturan pandemi China, dia harus tetap di karantina selama seminggu setelah kembali.

Sistem buram China sering menimbulkan desas-desus tentang pertikaian politik atau percobaan kudeta, meskipun sifat stabil dari negara pengawasan otoriter yang menindak tanpa henti pada tanda-tanda perbedaan pendapat.

Xi secara luas dianggap sebagai pemimpin China yang paling kuat dalam beberapa dekade, tidak memiliki penantang aktif yang diketahui, dan telah menghapus batasan masa jabatan konstitusional, yang memungkinkan dia untuk memerintah seumur hidup jika dia mau.

Bukan hal yang aneh bagi para pemimpin China untuk tidak terlihat selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu, misalnya untuk menghadiri pertemuan politik informal yang diadakan di resor tepi pantai Beidaihe setiap musim panas.

Namun, waktu ketidakhadiran Xi hanya beberapa minggu sebelum diadakannya kongres partai kunci yang diadakan setiap lima tahun sekali memberikan inti dari rumor tersebut.

Xi diperkirakan akan menerima masa jabatan lima tahun ketiga sebagai pemimpin partai di kongres yang dimulai 16 Oktober, yang mematahkan tradisi baru-baru ini yang membatasi pemimpin hanya dua periode.

Baca Juga: PAN Jateng Dukung Pencapresan Ganjar Pranowo, Pengamat: Bisa Dapat Tiket Capres KIB

Baca Juga: Lihat Anies Pakai Private Jet, Ferdinand Hutahean: Dia Salah Satu Oligarki Migas?

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: