Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Instruksi Presiden Jokowi, Data Penerima Bansos Pusat dan Daerah Harus Sinkron!

Instruksi Presiden Jokowi, Data Penerima Bansos Pusat dan Daerah Harus Sinkron! Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta data penerima bantuan sosial (bansos) pusat maupun daerah harus jelas dan kompak. Presiden mengatakan hal ini bertujuan untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Ia berharap pada tahun 2024 Indonesia dapat menurunkan angka kemiskinan ekstream hingga O persen. Kepala Negara menegaskan, saat ini telah ada data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang telah padan dengan data Dukcapil.

Baca Juga: Jaga Defisit, Jokowi Minta Kepala Daerah Ajak Masyarakat Berwisata di Dalam Negeri

"Data sudah jelas ada. Di daerah-daerah ada datanya semuanya. Artinya, sasarannya jelas. By name, by address, nama alamat semuanya ada," ujar Presiden saat memberikan arahan kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam, Kapolda, dan Kajati, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, pada Kamis (29/92022).

Lebih lanjut, Presiden Jokowi meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah kompak bersinergi menyelesaikan berbagai aspek kemiskinan ekstrem. Mulai dari intervensi bantuan sosial, intervensi lingkungan, intervensi bangunan fisik rumah, dan juga sarana prasarana air bersih.

"Kalau kita bareng-bareng pusat daerah menuju sasaran yang kita tuju, lingkungannya digarap, air bersihnya digarap bareng-bareng. Urusan income pendapatan semuanya digarap bareng-bareng. Sasarannya ada kok jelas. Nama dan alamat. Bansosnya ke sana arahkan. Perbaikan rumah kumuh arahkan ke sana," ujarnya.

Menurut Presiden, dengan telah jelasnya data, maka penanganan kemiskinan ekstrem menjadi 0 persen pada tahun 2024 akan lebih mudah. Asalkan, dia meminta kekompakan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: Nongol Lagi, Eko Kuntadhi Loyalis Ganjar Pranowo Senggol Pernyataan SBY dan AHY: Pembangunan di Era Jokowi…

"Kalau dulu nama alamatnya gak jelas, sekarang ada semuanya. Inilah yang sekali lagi kita kompak bareng-bareng menuju sasaran yang kita inginkan. Saya ingin kita semua kerja konkret bersama-sama," tegas Presiden.

Baca Juga: OJK Fokus Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Hingga ke Daerah

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: