Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sri Mulyani: Digitalisasi Alat Penting dalam Menciptakan Ekonomi yang Inklusif

Sri Mulyani: Digitalisasi Alat Penting dalam Menciptakan Ekonomi yang Inklusif Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut digitalisasi sebagai alat yang memainkan peran penting dalam menciptakan ekonomi yang lebih inklusif.

"Orang-orang yang tinggal di daerah terpencil di mana mereka mungkin tidak memiliki cabang lembaga keuangan, mereka dapat menggunakan layanan keuangan digital untuk melakukan transaksi keuangan mereka," kata Sri Mulyani dalam acara G20 GPFI High Level Symposium, dipantau secara daring, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Wanti-wanti Para Peramal Ekonomi, Sri Mulyani: Saya Titip Hati-hati

Sri Mulyani mengatakan digitalisasi juga menurunkan biaya transaksi, tetapi tentu menguntungkan kelompok rentan ini. Adapun bila diidentifikasi, setidaknya ada enam aspek ekosistem UMKM, yakni kebijakan, keuangan, pasar, sumber daya manusia, dukungan, dan budaya.

Dalam aspek ini, digitalisasi memiliki ruang potensi dan peran kritis untuk diatur dan dimanfaatkan secara maksimal, agar upaya pemberdayaan UMKM dapat dilakukan secara optimal dan juga untuk memperoleh manfaat yang maksimal, khususnya dalam aspek keuangan.

Baca Juga: Kemenkeu Sebut Menaker Ida Tidak Ingin Salah Sasaran Lagi, BSU Disalurkan dengan Cermat

"Ini salah satu tantangan utama dalam mengembangkan UMKM, ada akses pembiayaan, pemerintah juga menerapkan digitalisasi. Kami menyediakan dan memperkenalkan pembayaran digital, pembukuan atau pencatatan digital dan pemasaran digital dalam rangka mendukung UMKM dan dalam rangka pemberdayaan," ujarnya.

Sri Mulyani menyebut pemerintah Indonesia terus mendorong digitalisasi UMKM. Hingga Juni 2022 telah ada sebanyak 19,5 juta UMKM yang tergabung dalam ekosistem digital. Ditargetkan hingga tahun 2024 memiliki 3 juta UMKM on boarding di ekosistem digital.

Baca Juga: BNI Gandeng Bank Jatim Perkuat Ekonomi Digital di Jawa Timur

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: