Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Putin Girang Inflasi Rusia Melorot: Ngomong-ngomong di Zona Eropa Naik Ya

Putin Girang Inflasi Rusia Melorot: Ngomong-ngomong di Zona Eropa Naik Ya Kredit Foto: TASS/Ilya Pitalev
Warta Ekonomi, Moskow -

Inflasi di Rusia telah melambat dan turun menjadi 13,5% minggu lalu, Presiden Vladimir Putin mengatakan pada Kamis (6/10/2022) pada pertemuan tentang masalah ekonomi, mengacu pada tingkat tahun-ke-tahun dari indeks harga konsumen.

Putin juga berbicara tentang tingkat inflasi di seluruh Eropa, yang telah meningkat selama beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Bank Sentral Perkirakan Tekanan Inflasi Berpotensi Meningkat di Oktober 2022

“Ngomong-ngomong, di Zona Euro 10%, di Republik Federal (Jerman) - 10,9%, di Belanda - 17,1%, di Latvia - 22,4%, di Lithuania - 22,5%, di Estonia - 24,2%, saya pikirkan,” kata Putin seperti dikutip RIA Novosti, mengacu pada angka resmi untuk September.

Harga meningkat, di seluruh benua, karena melonjaknya biaya energi, di antara faktor-faktor lainnya.

Inflasi di Rusia mulai melonjak pada akhir Februari dengan latar belakang sanksi Barat, memuncak pada 17,83% pada bulan April.

Namun, ketika ekonomi mulai pulih, perdagangan terus mengalir dan mata uang nasional, rubel, menguat ke level tertinggi multi-tahun terhadap mata uang utama, inflasi di Rusia mulai melambat dan pada 26 September mencapai 13,71%, menurut statistik resmi.

Bank Sentral mengatakan bulan lalu mereka memperkirakan akan mempertahankan tingkat inflasi antara 11 dan 13% pada akhir tahun.

Baca Juga: Pendukungnya Sebut Anies Kerap Diserang Isu Hoaks, Waketum Partai Garuda Sentil: Jika Tidak Mampu Menari, Jangan Salahkan Lantainya

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: