Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nasib Nasdem Setelah Deklarasikan Anies Baswedan: Bukannya Untung Malah Buntung?

Nasib Nasdem Setelah Deklarasikan Anies Baswedan: Bukannya Untung Malah Buntung? Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Nampaknya Partai Nasional Demokrat (Nasdem) harus lebih bersabar dan lebih giat menyusun strategi menjelang Pilpres 2024 mendatang. 

Karena sejak mencapreskan Anies Baswedan, Nasdem harus menelan pil pahit elektabilitas NasDem di Indonesia Timur justru turun drastis. Sedangkan di Indonesia Barat, suara NasDem memang naik, tapi tidak signifikan.

Ini terlihat dari hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), dimana dukungan pada NasDem di Indonesia Timur mengalami penurunan signifikan. Dari 10,8 persen pada Mei 2021 menjadi 3,9 persen pada Agustus 2022.

Baca Juga: NasDem Resmi Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Pengamat Sebut Skenario 3 Paslon Berpeluang Terjadi

Di saat yang sama, dukungan pada NasDem di Indonesia Barat, yang merupakan basis pendukung Anies, belum mengalami kenaikan berarti. Contohnya di Jawa Barat, elektabilitas NasDem naik sedikit, dari 0,4 persen menjadi 1,7 persen.

Dari sisi agama, pada pemilih non-Muslim, dukungan kepada NasDem dari Mei 2021 ke Agustus 2022 menurun dari 6,8 persen menjadi 2,5 persen. Sementara dukungan pada pemilih Muslim belum banyak berubah, dari 3,3 persen menjadi 3,7 persen.

Baca Juga: Ahok Sentil Anies Pintar Ngomong, Refly Harun Heran: Justru Itu Kelebihan

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Advertisement

Bagikan Artikel: